Hot News

Terlalu Lama Duduk Saat Bekerja dan Merasa Pegal? Yuk, Lakukan Gerakan

Pada masa pandemi Covid-19, mayoritas masyarakat lebih banyak bekerja di rumah, sekalipun berangkat ke kantor pekerjaan sering dilakukan di depan meja. Pekerjaan tersebut dilakukan seiring mobilitas yang berkurang dan sebagai upaya bentuk pencegahan dari perusahaan untuk karyawannya agar tidak terpapar Covid-19.

Nah, apabila kita merupakan salah satu orang yang bekerja duduk di depan meja berlama-lama tentu akan merasa pegal. Rasa pegal hadir karena hampir seharian duduk fokus pada pekerjaan dan tak banyak bergerak. karena fokus pada pekerjaan.

Duduk terlalu lama akan berakibat buruk pada tubuh terutama bagian pinggul dan punggung. Maka dari itu, lakukanlah peregangan sederhana di sela-sela istirahat kerja. Peregangan ini tidak memakan waktu banyak dan ruang yang besar.

Peregangan sederhana seperti meregangkan kedua tangan, menggerakan kepala, menggerakan pinggul, dan meregangkan punggung akan membantu tubuh lebih sehat selama bekerja.
Setiap gerakan ditahan 8-10 detik dan diulangi 2-3 kali. Untuk gerakan ke kanan dan ke kiri dapat dilakukan secara bergantian.

Selain itu perbanyak minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Kemudian jangan lupa tetap memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir minimal 20 detik, menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan, dan menghindari mobilitas yang tidak perlu sebagai langkah pencegahan Covid-19.

Referensi: https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/sering-kerja-duduk-dan-merasa-pegal-yuk-lakukan-gerakan-peregangan-sederhana