Hot News

Antisipasi Pencegahan Penyakit di Musim Pancaroba

 

    Musim Pancaroba adalah masa peralihan antara 2 (dua) Musim utama di daerah Iklim Muson, seperti yang terjadi di wilayah Asia Tenggara, Contohnya yaitu : negara Indonesia, menurut catatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim Pancaroba ini adalah masa peralihan dari musim Penghujan ke musim Kemarau yang terjadi di bulan Oktober sampai dengan bulan Desember, musim Pancaroba yang kedua terjadi di bulan Maret sampai dengan April, terkadang masa pancaroba ini bisa berlangsung lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Beberapa bencana alam juga bisa terjadi di Musim Pancaroba ini karena diakibatkan Cuaca yang Ekstrem ditandai dengan Intensitas Badai yang lebih sering terjadi, Hujan deras yang diiringi dengan Petir serta angin kencang.  

    Dalam situasi Cuaca yang tidak Stabil di musim Pancaroba, Mampu membuat daya tahan tubuh melemah, yang membuat tubuh manusia lebih rawan terserang penyakit. Berikut ini adalah Jenis-jenis penyakit yang muncul di musim Pancaroba dan lebih banyak disebabkan oleh Virus dan Bakteri, Yaitu  : 

  1. DBD (Demam Berdarah Dengue)
  2. Chikungunya
  3. Zika
  4. Infeksi Saluran Pernafasan
  5. Influenza
  6. Sakit Mata

PENCEGAHAN   

  • Penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue), Penyakit Chikungunya dan Zika ini disebabkan oleh Virus dan menyebar melalui Gigitan Nyamuk Aedes Aegypty, jadi penyakit DBD ini tidak bisa begitu saja menular langsung dari orang ke orang tanpa terlebih dahulu tergigit oleh Nyamuk Aedes Aegypty, nyamuk ini biasanya mudah berkembang biak di daerah berpenduduk tinggi atau padat penduduk yang memiliki Iklim Lembab dan Hangat. Nyamuk yang biasanya menyerang manusia adalah nyamuk Aedes Aegypty Betina, dan biasanya menyerang manusia pada Pagi hari pukul 9.00 - 10.00 WIB dan Sore hari pukul 16.00 - 17.00 WIB.  

                             

                             Illustrasi Gambar 1. Pasien dalam perawatan          

 

    Seperti yang pernah dibahas dan disosialisasikan, baik melalui Website maupun Sosialisasi langsung ke masyarakat, Pemerintah, dalam hal ini Kemenkes dan Dinas Kesehatan diseluruh daerah telah mengeluarkan Program 3M Plus untuk membasmi Serangga-serangga penyebab penyakit. Hal-hal yang harus dilakukan dalam Program 3M Plus, Yaitu :  Menguras/ Membersihkan Bak Mandi, Tempayan, Ember Vas Bunga, Menutup rapat semua Wadah agar serangga apapun khususnya Nyamuk tidak dapat masuk ke dalamnya, Mendaur Ulang barang-barang bekas yang bisa menjadi barang-barang yang bermanfaat dan bahkan bisa menghasilkan uang bila kita jual kembali, Memantau semua wadah atau tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat bersarang dan berkembang Biaknya Nyamuk.

    Kurangi menggantung Baju-baju didalam rumah kecuali tempat-tempat yang disediakan seperti dalam Almari pakaian, Memelihara Ikan-ikan Pemangsa Nyamuk, contohnya : Ikan Sepat, Ikan Cupang, Ikan Cere dan Ikan Julung-julung. Gunakan Kelambu di rumah, pemerintah juga menyediakan Obat Pembasmi Jentik Nyamuk seperti misalnya Abate yang diberikan di masing-masing wilayah.

Penanganannya :

Silahkan buka Website Dinkes di Informasi Kesehatan Lingkungan.

 

  • Infeksi Saluran Pernafasan

                       

                   Illustrasi Gambar 2. Penderita Infeksi Saluran Pernafasan.

    Gejalanya adalah Batuk-batuk, terkadang Batuk diiringi Lendir (Dahak), Hidung tersumbat, Flu dan sering bersin, Nyeri otot, Pusing dan Demam. Penyakit ini bisa menular melalui percikan Air liur atau Dahak, saat seseorang yang juga menderita penyakit yang sama Batuk-batuk atau Bersin-bersin tanpa sempat menutup mulut dan hidungnya atau kita secara tidak sengaja menyentuh benda-benda yang terdapat percikan Ludah atau air liur si penderita, Bersentuhan atau tersentuh bagian tubuh dari si penderita yang terdapat Percikan Dahak atau air liurnya.

Maka cara-cara Pencegahannya adalah Selalu menjaga Kebersihan dan lebih Rajin Membersihkan/ Mencuci Tangan, Stop Merokok dan Hindari asap rokok, Redam tingkat Stres, Makan makanan yang sehat dan cukup bergizi.  

Penanganannya  : 

Redakan gejala penyakit ini dengan cara Mandi air hangat, Minum air hangat, Hindari udara Dingin dan Istirahat yang cukup, bagi penderita yang sudah ke dokter, minum obat yang sudah dianjurkan dokter. 

 

  • Influenza

                 

                  Illustrasi Gambar 3. Di musim Pancaroba, Anak-anak menjadi penderita yang paling Rentan terserang penyakit ini.

 

    Di Musim Pancaroba, penyakit inilah yang paling sering kita temui dan penderitanya kebanyakan adalah Anak-anak, Gejala-gejalanya, yaitu :  Hidung Tersumbat, Batuk Kering, Panas dingin dan sering Berkeringat, Nyeri Otot, Tubuh Lemah dan Mudah Lelah.

    Maka untuk Pencegahannya  :  Rajin mencuci tangan dengan Sabun, Pola makan dan tidur yang teratur, Beberapa orang ada yang menjalani Program Diet, dimana saat diet itulah kita terkadang kekurangan makan-makanan yang bergizi dan membuat tubuh menjadi Lemah, dan membuat kita menjadi lebih mudah terserang penyakit. 

Penanganannya :

    Ketika mengalami gejala-gejala tersebut, Segeralah bawa ke dokter dan konsumsi obat-obatan yang diberikan dokter secara teratur, Istirahat yang cukup dan banyak minum Air putih, saat tidur dianjurkan agar tidur secara menyamping untuk sementara bisa meredakan gejala Hidung yang tersumbat.

 

  • Sakit Mata

                    

                     Illustrasi gambar 4.  Salah satu Wabah Banjir yang terjadi di Indonesia 

Penyakit ini disebabkan oleh Bakteri, darimana Bakteri ini berasal dan bagaimana Penularannya :

    Gejala-gejalanya adalah Mata merah, Berair, sering muncul kotoran mata dan sangat mengganggu penglihatan, Di musim Pancaroba, terdapat beberapa wilayah yang mengalami musibah banjir dan menyebabkan air kotor dimana-mana dan menjadi kurang Higienis. Cara Penularannya  :  Sakit Mata bisa menular akibat Kontak langsung dengan si penderita, misalnya, bersentuhan tangan dengan si penderita dan kemudian tanpa sadar kita menyentuh mata kita tanpa membersihkan tangan kita terlebih dahulu maka masuklah Bakteri-bakteri penyebab penyakit Sakit mata ini. Hembusan angin kencang di musim pancaroba juga bisa menjadi faktor penyebab penyakit mata ini, Hembusan angin mampu menerbangkan berbagai macam benda, Debu-debu dan kotoran yang mungkin terdapat Virus dan Bakteri didalamnya, disaat itulah kita bisa terkena bakteri-bakteri penyebab Sakit mata. 

Pencegahannya

Jagalah kebersihan lingkungan sekitar kita apalagi kalau wilayah kita termasuk dalam wilayah yang rawan banjir, biasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, Gunakan kacamata saat berada diluar lingkungan, Tutup kaca pelindung Helm, saat berkendara motor roda dua, berkacamata saat bersepeda, Cukupi waktu Istirahat kita.

Untuk Penanganannya  : 

Gunakan Obat tetes mata apabila terdapat Gejala-gejala seperti tersebut diatas, segera ke tempat pelayanan kesehatan seperti Klinik, Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat bila gejala sakit mata ini menunjukkan semakin parah.

 

Bagaimana Tips Pencegahan agar kita tidak terkena penyakit di musim Pancaroba ini...?

  1. Konsumsi Makanan yang bergizi. Misalnya, dari buah-buahan ; Jeruk, Mangga, Pepaya, dll, dari makanan biasa ; Daging Merah, Telur, Sayur-sayuran Hijau dan Ikan.
  2. Banyak minum air putih, untuk menjaga Imunitas atau sistem kekebalan tubuh.
  3. Istirahat yang baik, tidur Min. 7-8 jam sehari.
  4. Lakukan Olahraga, Misalnya. Lari, Jogging, Jalan santai, bersepeda, Senam.
  5. Menjaga lingkungan tetap bersih.
  6. Biasakan mencuci tangan kita, sebelum atau sesudah melakukan kegiatan apapun.  

    Dengan melakukan Tip-tips diatas tubuh kita akan menjadi lebih Sehat, Kuat, Daya tahan tubuh meningkat yang secara Otomatis, semakin Sehat tubuh kita semakin kuat pula tubuh kita dalam menangkal serangan berbagai macam penyakit yang muncul di musim Pancaroba. 

       

        Illustrasi Gambar 5. Animasi Keluarga Bahagia.

Selain Upaya pemerintah untuk menjaga kesehatan Masyarakatnya, Mari Kita bersama-sama, Saudara-saudari, Tetangga, Teman-teman semua, untuk saling mengingatkan, bekerja sama, secara Berkesinambungan selalu Menjaga Kesehatan kita...Misi, Keluarga sehat keluarga Bahagia...Amiin.