Hot News

Lomba Balita Sehat Wilayah Tangerang Selatan Tahun 2019

(Gb.01)  Tim Penyelenggara dan Rekanan foto bersama Wakil Walikota Tangsel Bapak Drs. H. Benyamin Davnie.

    Misi Mempersiapkan dan Menciptakan generasi muda Indonesia yang berkualitas, selain menjadi tanggung jawab keluarga juga menjadi salah satu prioritas pemerintah, yang berperan dalam menyediakan fasilitas-fasillitas yang dibutuhkan, untuk mempermudah proses pencarian generasi muda terbaik.

    Peran pemerintah, dalam hal ini Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan jajarannya membuat Program-program Unggulan kemasyarakatan untuk meningkatkan Motivasi masyarakat dalam membina dan mengembangkan kesehatan dan kesejahteraan bayi dan balita sebagai calon-calon generasi muda Indonesia yang berkualitas.

    Hari Kamis, 27 Juni 2019, bertempat di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Kel. Muncul, Kec. Setu. Lembaga layanan pemerintah, Dinas Kesehatan Tangerang Selatan sebagai pihak penyelenggara, mengadakan kegiatan Lomba Balita Sehat untuk Tingkat Kota Tangerang Selatan, acara ini diikuti oleh warga Tangsel yang sudah menikah dan memiliki anak Balita dengan kelompok umur antara 6 (enam) bulan sampai dengan 2 (dua) tahun dan anak berumur 2 (dua) sampai dengan 5 (lima) tahun.

    Plt. Kepala Dinas Kesehatan Deden Deni, SE dalam Laporannya mengatakan; Tujuan Umum diadakannya Lomba Balita Sehat ini adalah sebagai media Pembelajaran kepada sang Ibu, tentang pentingnya memantau pertumbuhan dan perkembangan anak balita.

    Acara Lomba Balita Sehat ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Tangsel Drs. H. Benyamin Davnie yang dalam sebagian sambutannya menjelaskan “Pembangunan kesehatan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia, hal ini dapat dicapai melalui peningkatan peran kita bersama dan untuk mencapai tujuan dimaksud maka pembangunan kesehatan terbagi menjadi beberapa upaya pokok yang salah satunya adalah kesehatan ibu dan anak.

    Oleh karena itu masa lima tahun pertama kehidupan bayi dan balita merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan tidak dapat diulang lagi, maka masa bayi dan balita ini disebut sebagai “Masa Keemasan“ dan “Masa Kritis” mengingat bayi dan balita sebagai calon generasi penerus bangsa, kualitas tumbuh kembang balita perlu mendapat perhatian serius yaitu mendapat gizi yang baik, stimulasi yang memadai serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan yang berkualitas termasuk deteksi dini tumbuh kembang melalui kegiatan Lomba Bayi dan Balita Sehat.

    Oleh karena itu kegiatan Lomba Bayi dan Balita Sehat di Kota Tangerang Selatan ini merupakan momen yang sangat tepat sebagai sarana pembelajaran tentang manfa’at dari sebuah generasi sehat. Semoga apa yang kita lakukan bersama, mendapat ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala”. Demikian sambutan beliau.

   

(Gb.02) Tampak dalam gambar Tim juri sedang melakukan penilaian lomba berdasarkan aspek Psikologi anak.

    Dalam menentukan pemenang lomba, Dinkes Tangsel memiliki beberapa Kriteria penilaian standar baku yang diterapkan, seperti Pemeriksaan kondisi Gizi anak, Pemeriksaan kesehatan Ibu dan bayinya, Status Imunisasi, Pemeriksaan kesehatan Gigi, bahkan kondisi mental anak juga tidak luput dari pemeriksaan. Tim juri adalah para profesional Medis yang berkompeten dibidangnya masing-masing, selain berasal dari Staf medis Dinkes, juga didatangkan dari luar Dinkes, untuk mendapatkan data-data pemenang yang Akurat, Profesional dan Obyektif.

    Acara ini berlangsung menarik dan meriah, apalagi peserta lomba sebagian besar adalah anak-anak Balita yang masih membutuhkan pengawasan dan bimbingan khusus dari sang ibu dalam mengarahkan si anak mengikuti berbagai persyaratan lomba, hasilnya adalah kelucuan-kelucuan yang ditimbulkan dari tingkah laku khas anak-anak, mulai dari tertawa, menangis, marah-marah, yang menambah semaraknya lomba Balita Sehat ini, Acara ini juga dimeriahkan hiburan Tarian Selamat Datang, menyanyi bersama, dan diakhir acara ada hiburan Boneka Ventriloquist untuk meredakan ketegangan peserta setelah mengikuti perlombaan.

       

(Gb.03)  Tampak dalam gambar Suasana Timbang Badan dengan Simulasi yang dibuat semenarik mungkin bagi anak. 

 

    Acara berlangsung hingga sore hari, setelah merangkum semua hasil penilaian tim juri, Nama-nama pemenang langsung diumumkan pada hari itu juga dan penyerahan hadiah pemenang diberikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Tangsel Iin Sofiawati, M.A

(Gb.04) Tampak dalam gambar penyerahan hadiah bersama Kabid Kesehatan Masyarakat Tangsel Iin Sofiati, M.A

 

    Puji syukur ke hadirat Allah SWT. Semoga dengan selesainya acara lomba Balita Sehat ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orangtua dalam membina tumbuh kembang bayi dan balita secara optimal, serta Meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam upaya pembinaan dan pengembangan dan kesejahteraan bayi dan balita. Amin..

(Gb.05) Foto bersama para pemenang diakhir acara.