Hot News

Info Mudik Posko Kesehatan di Tangsel tahun 2019

               

            (Gb. 1). Tim Posko Mudik Lebaran tahun 2019, Tim gabungan dari Dinas Perhubungan, Dinkes Tangsel dan Polsek Pamulang. 

Sudah menjadi tradisi kuat di Indonesia, setiap kali menjelang Hari raya besar keagamaan, masyarakat terutama yang beragama Islam akan merayakan hari raya tersebut bersama keluarganya yang sebagian besar berada didaerah, maka pada hari raya Lebaran pada tahun 2019 ini, sebelum dan sesudah perayaan hari raya akan terjadi lonjakan pengguna jalan raya, baik yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan kendaraan bermotor maupun yang menaiki angkutan umum; Pesawat, Bus, kapal laut dan kereta penumpang.

    Pemerintah dan Instansi terkait sudah menyiapkan segala hal, mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk menjaga keselamatan para pemudik. Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau kepada para pemudik untuk mengecek kondisi kesehatan dan cek kendaraan bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi. Menkes menambahkan perencanaan sebelum mudik harus dilakukan H-6 sebelum mudik dengan menjaga kondisi tubuh agar badan terasa fit saat hari keberangkatan.

    Kemenkes menyediakan 6.047 Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk mudik tahun ini yang terdiri dari 923 Pos Kesehatan, 4.210 Puskesmas, 375 RS sekitar jalur pantura, 144 RS Rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119. Jumlah ini lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 3.910.

“Sehat penting, kami (Kemenkes) bersama Kemenhub, Polri, dan sektor lain yang terkait,  kita menyatu dalam pelaksanaan mudik ini. Yang bawa mobil harus sehat, jangan minum alkohol,” kata Menkes menambahkan.

    Sebagai Institusi kesehatan yang berwenang, Dinkes Tangsel juga sudah menyiapkan  420 tenaga medis dan 65 buah mobil Ambulans dari seluruh puskesmas yang ada di Tangsel untuk berjaga di masing-masing Posko Kesehatan yang sudah ditetapkan, dengan info sbb. : 

Sejak tanggal 29 Mei s/d tanggal 10 Juni para tenaga medis ini disiagakan di beberapa titik lokasi yang biasanya ramai dilalui para pemudik, seperti :  

  • Posko Fly Over Ciputat

  • Posko Muncul Setu

  • Posko German Center Serpong

  • Posko Pamulang Square

  • Posko Indika Bintaro

 Masing-masing Posko akan dijaga oleh 6 (enam) tenaga kesehatan yang berjaga secara bergantian atau Shift dan khusus pada hari Lebaran, posko akan di jaga oleh 9 (sembilan) tenaga kesehatan.

     

     (Gb.2). Tim Posko Mudik Lebaran tahun 2019, Posko Pamulang.

Akhir kata, Dinkes Tangsel dan seluruh jajaran turut berpesan kepada para pemudik,  Berhati-hatilah di jalan, Jagalah selalu Kesehatan.. Selamat Jalan, Semoga Selamat sampai Tujuan..Amiin