Hot News

KENALI GEJALA ANEMIA, KHUSUSNYA BAGI REMAJA PUTRI

 

Apa Anemia itu..? 

Anemia Ini adalah suatu keadaan dimana kadar Hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah dalam tubuh kadarnya lebih rendah dari Normal, atau lebih dikenal dengan nama Penyakit Kurang Darah.

Gejala-gejala Penyakit Kurang Darah ini biasanya disebut dengan istilah 5 L  :  Lesu, Lelah, Letih, Lemah, Lalai. Dari data yang ada, diketahui  1(satu) dari 4(empat) Remaja putri mengalami Anemia,  Bagi remaja putri yang terkena Penyakit ini akan sering mengalami Pusing-pusing, Pandangan Mata Berkunang-kunang, Gampang mengantuk dan Sulit berkonsentrasi.

Akibatnya adalah Menurunnya Kemampuan Belajar, Malas beraktifitas, Daya tahan Tubuh Lemah dan Mudah terserang penyakit, Bahkan nantinya saat dia sudah menikah, beresiko lebih tinggi saat Hamil dan Melahirkan.

(Gb. 2). Tampak dalam gambar, Illustrasi Gejala Anemia 5 LLesu, Letih, Lelah, Lemah dan Lalai.  

 

Apa saja Penyebab Anemia ini..?

  1. Masa Pubertas Remaja putri ditandai dengan munculnya Menstruasi (Haid) yang terkadang mengalami Pendarahan berlebih, yang menyebabkan kurangnya kadar sel darah merah.
  2. Terjangkit Cacingan
  3. Kekurangan Asupan Protein,  Asam Folat, Vit. B12  dan Zat Besi.
  4. Faktor Genetik atau Keturunan (Cth.  Thalasemia yaitu Penyakit dengan Kadar Hemoglobin rendah).
  5. Terkena Penyakit yang kondisinya sudah kronis ; Penderita Kanker, Ginjal atau Gagal Hati. 

 

Bagaimana Pencegahannya..?

  • Setelah berkonsultasi dengan Dokter, penderita bisa Mengonsumsi Suplemen Penambah Zat Besi, Vitamin B12, Asam Folat sesuai dengan takaran atau dosis yang tepat atau secara alami memakan makanan yang banyak mengandung Zat Besi  ( Sayur Bayam, Daging Sapi, Kacang Merah, Tomat dan Telur ), Vit. B12 ( Kerang, Kepiting, Ikan Salmon, Daging Sapi, Tempe, Tahu dan Susu ), Asam Folat ( Sayur-sayuran Hijau seperti  Bayam, Asparagus, Sawi Hijau, Daun Selada, Ikan Salmon, Hati Sapi dan Telur, Nasi ) dan Vitamin C ( Tomat, Jeruk, Brokoli, Melon, Strowberi ).
  • Minum Tablet Tambah Darah, ini adalah Tablet Suplemen yang banyak mengandung Zat Besi dan Asam Folat, Anjurannya adalah 1 Tablet seminggu sekali, Diminum setelah makan, Tidak diminum bersamaan dengan Teh, Susu atau Kopi, Makan buah yang mengandung Vitamin C untuk membantu Penyerapan Zat Besi.   
  • Untuk Anemia karena faktor keturunan, harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan metode pencegahan yang tepat.
  • Anemia juga dapat disebabkan Komplikasi dari penyakit karena gigitan Nyamuk yaitu DBD dan Malaria, Pencegahannya bisa dilakukan dengan cara menghindari gigitan nyamuk maupun membasmi Jentik-jentik nyamuk, seperti menggunakan Kelambu saat tidur, pemberian Abate atau Fogging ( Pengasapan ).

          

 

Pemerintah Peduli Kesehatan Masyarakat, Informasi ini diberikan Pemerintah melalui Kemenkes dan Dinas Terkait, kepada masyarakat terutama bagi orangtua yang mempunyai Anak Remaja Putri agar memperoleh Informasi yang benar tentang Penyakit Anemia dan penanganannya, tapi apabila dari informasi yang diberikan belum mencukupi atau belum sempurna, Silahkan kunjungi sarana-sarana kesehatan seperti Puskesmas atau Klinik terdekat untuk mendapatkan informasi tambahan yang lebih Lengkap.