Hot News

PENYAKIT STEVENS JOHNSON SYNDROM (SJS)

    STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) adalah kelainan serius dan langka yang mengenai kulit dan selaput lendir (Mulut, Mata dan Vagina) dengan keadaan umum bervariasi dari ringan sampai berat. Seringkali SJS dimulai dengan gejala mirip Flu, diikuti oleh Ruam merah atau keunguan yang nyeri dan Melepuh. Pada selaput lendir terbentuk seperti Sariawan. STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) adalah keadaan darurat medis yang biasanya memerlukan Rawat Inap. Perawatan berfokus pada menghilangkan penyebab yang mendasari, mengendalikan gejala dan meminimalkan komplikasi. Pemulihan SJS dapat memakan waktu berminggu-minggu sampai berbulan-bulan tergantung pada tingkat keparahannya. Jika SJS disebabkan oleh obat, maka obat itu harus dihindari. Sindrom ini jarang dijumpai pada anak usia 3 tahun kebawah karena Imunitas yang belum begitu berkembang.

  • Gejala STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) :

Ditandai dengan demam, nyeri atau kulit perih, Ruam kulit merah atau Ungu yang menyebar, kulit melepuh dan selaput Lendir mulut, hidung, mata dan alat kelamin. Gejala lain yang muncul sebelum timbulnya Ruam kulit, beberapa keluhan yang bisa terjadi adalah sakit mulut dan tenggorokan, kelelahan, batuk, Mata terbakar.

 (Gb.1). Tampak dalam gambar. Salah satu Gejala penyakit SJS,  Timbulnya Ruam kemerahan pada Kulit tangan.  

  • Apa Penyebab STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS)  ?

    STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) adalah reaksi Langka dan tidak dapat diprediksi, tetapi biasanya kondisi ini dipicu oleh obat atau Infeksi terlebih dahulu. Lebih dari 50 % penyebabnya adalah Alergi obat. Reaksi terhadap obat dapat dimulai saat anda menggunakannya, atau 2 minggu setelah anda berhenti menggunakannya.

    Obat-obat yang dapat menyebabkan STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) meliputi obat Penurun Asam Urat seperti Allopurinol, obat untuk mengobati Kejang dan penyakit Mental (Antikonvulsan dan Antipsikotik), obat penghilang rasa sakit seperti Acetaminophen (Paracetamol), Ibuprofen dan Natrium Diklofenak, Antibiotik seperti Penicillin.

  • Penyebab Infeksi

Infeksi yang dapat menyebabkan STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) meliputi Virus Herpes  (Herpes Simplex atau Herpes Zoster), Pneumonia, HIV dan Hepatitis A.

  • Komplikasi STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) meliputi  : 
  1. Infeksi kulit sekunder (Selulitis) yang dapat menyebabkan komplikasi mengancam jiwa termasuk Infeksi Darah (Sepsis). Infeksi Darah (Sepsis) yang terjadi ketika Bakteri dari Infeksi masuk kealiran darah anda dan menyebar keseluruh tubuh. Sepsis adalah kondisi yang cepat berkembang yang dapat menyebabkan Syok dan Gagal Organ yang bisa mengancam jiwa si penderita.
  2. Kelainan mata yaitu Peradangan di mata. Dalam kasus Ringan dapat menyebabkan Iritasi dan mata kering. Dalam kasus yang parah dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang luas dan jaringan Parut yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan.
  3. Bila sudah sampai ke Organ Paru-paru, dapat menyebabkan kegagalan Pernafasan Akut.
  4. Kerusakan kulit permanen/ menetap pada masa  penyembuhan, kulit mungkin memiliki Benjolan dan warna tidak alami.    

(Gb.2). Tampak dalam gambar. Ini juga salah satu gejala penyakit SJS yang muncul di bagian Punggung penderita.

 

  • Pencegahan

    Jika sudah mengalami STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) hindari obat yang memicu itu, obat yang segolongan dan obat yang bereaksi Silang (Tanyakan pada dokter anda). Ini adalah kunci untuk mencegah kekambuhan yang biasanya lebih parah daripada Gejala awal dan bisa berakibat fatal. Selain itu catatan obat yang dicurigai sebagai Pemicunya harus dibawa kemanapun dan ditunjukan saat berobat.

  • Kapankah harus ke Dokter  ?

    Bagi masyarakat yang mengalami atau menemui Gejala-gejala STEVENS JOHNSON SYNDROME (SJS) ini,  Dinas Kesehatan Tangsel menganjurkan carilah sarana kesehatan terdekat seperti Puskesmas, Klinik atau Rumah Sakit terdekat untuk segera mendapatkan perawatan medis.

Kami dari Dinas Kesehatan Tangsel akan terus berupaya keras dari waktu ke waktu untuk memberikan kualitas Pelayanan Kesehatan terbaik kepada masyarakat dari semua kalangan dan Besar harapan kami agar Masyarakat juga selalu diberikan Nikmat Kesehatan. Amin