Hot News

Kegiatan Lomba Konselor Sebaya Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja

    Sejalan dengan derasnya arus Globalisasi, berkembang pula masalah Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang terjadi di masyarakat. Masalah tersebut, baik Fisik, Psikis, Psikososial yang mencakup perilaku sosial seperti kehamilan usia muda, penyakit akibat hubungan sexual, aborsi maupun masalah akibat pemakaian narkotik, zat adiktif, alkohol, merokok, hal ini akan menyebabkan  masa depan remaja yang suram bahkan dapat menghancurkan masa depan bangsa apabila tidak segera ditanggulangi.

Salah satu penyebab masalah ini kemungkinan adalah karena faktor ketidaktahuan, karena remaja tidak mendapat informasi yang jelas, benar, tepat, mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja.

    Untuk itulah, salah satu Partisipasi Dinkes Tangsel dalam menangani permasalahan Kesehatan Remaja-remaja di Indonesia khususnya wilayah Tangerang Selatan adalah mengadakan Perlombaan dengan mengambil Tema Kesehatan Reproduksi antar Remaja yang diselenggarakan pada hari Senin tanggal. 13 Agustus 2018 di Gedung Graha Widya Bhakti. Jl. Raya Puspiptek Serpong.   Acara kegiatan ini yang disebut juga dengan Kompetisi "Konselor" ( Tempat Curhat/ Konsultasi ) dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Tangsel : Deden Deni. SE., Kabid Kesehatan Masyarakat :  bu Iin Sofiawati, SKM, MA., Kasie bu Hj. Eni Rohaeni, S.ST, MA, Guru-guru pendamping para peserta dan juga Penanggung Jawab Program Remaja di Puskesmas Tangsel.  

 

(Gb. 1). Tampak dalam gambar, Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan  :  Deden Deni, SE.  saat memberikan sambutan pembukaan penyelenggaraan Lomba.

 

(Gb.2). Tampak dalam gambar. Suasana perlomba'an, Salah satu aspek nilai yang dilombakan adalah Tes tertulis Tingkat Pengetahuan Umum peserta tentang Reproduksi.

 

(Gb. 3). Tampak dalam gambar. Salah satu peserta menyampaikan Materi Lomba di depan Juri Penilai, tentang Kesehatan Reproduksi di usia Remaja.

 

(Gb.4). Tampak dalam gambar. Tim Juri Dinkes Tangsel saat memberikan Uji Materi dan Penilaian kepada para Peserta Lomba.

 

Di Akhir Acara, berdasarkan Analisa dan Penilaian, Tim Juri Dinkes Tangsel memutuskan dan mengumumkan Nama-nama Pemenang Lomba  PKPR  :  

> Untuk Para Pemenang dari Level Sekolah SMP Sederajat, Yaitu  :

  •  Juara 1 :

            SITI MUS’RIAH dari MTS AN-NASHIHIN dengan Nilai : 334,3
            Puskesmas Keranggan 

  • Juara 2 :

            AURA AULIA dari  SMP PGRI 1 CIPUTAT dengan Nilai : 308,67
            Puskesmas Ciputat 

  • Juara 3 :

            SITI AMMAR dari MTS MUHAMMADIYAH 1 TANGSEL dengan Nilai : 306
            Puskesmas Ciputat 

  • Juara Harapan 1 :

            JIHAN MOKTIKA ZAHRA dari SMP N 12 TANGSEL dengan Nilai : 305
           Puskesmas Jurang  Mangu  

  • Juara Harapan 2 :

            KHOIRUN NASWA MAULIDIA dari SMP N 4 TANGSEL dengan Nilai : 302,5
            Puskesmas Jombang 

  • Juara Harapan 3 :

             ISNA NUR FADILAH dari SMP PARAMARTA UNGGULAN dengan Nilai : 296,3
             Puskesmas Kampung Sawah

            

Untuk Para Pemenang dari Level SMA Sederajat, Yaitu :

  • Juara 1 :

           JUAN ATTAR AMANULLAH DAUD dari SMAN 10 TANGSEL dengan Nilai : 352,67
            Puskesmas Sawah Baru

  • Juara 2 :

           AULIA DIAZ KINANTI dari SMAN 6 TANGSEL dengan Nilai : 347, 3
            Puskesmas Pamulang

  • Juara 3 :

           DENI MAULANA DIPRAJA dari SMK BINA INFORMATIKA dengan Nilai : 343,3
            Puskesmas Sawah Baru

  • Juara Harapan 1 :

           HENNI NURHAYANI dari MA SOEBONO MANTOFANI dengan Nilai : 338,67
            Puskesmas Jombang

  • Juara Harapan 2 :

           ALIFFAH QURROTU AINI dari SMKN 4 TANGSEL dengan Nilai : 331,67
            Puskesmas Jombang

  • Juara Harapan 3 :

           ALYA SIFA NURAFIFAH dari MAN 1 TANGSEL Nilai : 329,3
            Puskesmas Keranggan

 

(Gb.5). Tampak dalam gambar. Foto bersama para pemenang Lomba dengan Dinas Kesehatan Tangsel, tampak ditengah para pemenang adalah Kasie. Kesehatan Keluarga, Hj. Eni Rohaeni, S.ST. 

 

    Dengan adanya kegiatan Perlombaan “Konselor” ( Tempat curhat/ Konsultasi ), Konselor Sebaya yang berada di tingkat SMP dan SMA diharapkan dapat menjembatani masalah kesehatan remaja dengan petugas pelayanan kesehatan peduli remaja dalam hal penemuan/deteksi dini dan merujuk pada tempat fasilitas kesehatan khususnya Puskesmas, Maka diharapkan masalah kesehatan reproduksi khususnya remaja yang berada di Kota Tangerang Selatan dapat di atasi.