Hot News

Puskesmas Benda Baru

   Alamat Puskesmas :  Kompleks Perumahan Villa Dago Kel. Benda Baru  Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan,  Telp. 74645873

Berdasarkan Permenkes 75 tahun 2014 puskesmas memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional. Upaya penyelenggaraan kesehatan diharapkan berkiblat pada sistem pelayanan kesehatan yang berkesinambungan. Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas bertujuan untuk mewujudkan masyarakat, Yaitu  :

a. Memiliki perilaku sehat yang meliputi kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat

b. Mampu menjangkau pelayanan kesehatan bermutu

c. Hidup dalam lingkungan sehat

d. Memiliki derajat kesehatan yang optimal, baik individu, keluarga, kelompok dan masyarakat.

Gambaran Umum

     UPT Puskesmas berada di Komplek Villa Dago Kelurahan Benda Baru Kecamatan Pamulang  Kota Tangerang Selatan berbatasan dengan : Sebelah Barat & Selatan dengan  wilayah Puskesmas Pondok Benda, sebelah Utara berbatasan dengan wilayah Puskesmas Situ Gintung dan sebelah Timur dengan wilayah Puskesmas Pamulang, Wilayah kerja UPT Puskesmas Benda Baru terdiri dari dataran rendah.

    UPT  Puskesmas Benda Baru terletak di wilayah  Kecamatan Pamulang  dan mempunyai  luas wilayah 787.06 ha, dengan batas wilayah sebagai berikut :

  • Sebelah utara  berbatasan dengan Kecamatan Ciputat.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Pondok Benda.
  • Sebelah selatan  berbatasan dengan  Kelurahan Pondok Benda.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Pamulang Barat.

(Gb. 1). Tim Pelayanan Puskesmas Benda Baru Siap Melayani Masyarakat.

 1. Pelayanan Kesehatan

1.1. Persentase Siswa SD, SMP dan SMA sederajat yang Diperiksa Kesehatannya

    Cakupan pemeriksaan kesehatan pada anak SD/MI kelas 1 oleh tenaga kesehatan atau tenaga terlatih (guru UKS/dokter kecil) melalui penjaringan kesehatan di SD/MI di wilayah kerja Puskesmas Benda Baru  tahun 2016 sebanyak 23 sekolah di wilayah Puskesmas Benda Baru. Jumlah siswa keseluruhan adalah 1.305 orang, sedangkan jumlah siswa yang mendapatkan pemeriksan kesehatan adalah sebanyak 1.302 siswa atau sebesar 99,7 %. Dari pemeriksaan keehatan ini didapatkan hasil 261 siswa mengalami karies pada gigi, untuk mengatasinya petugas memberikan edukasi mengenai kebersihan gigi dan memberi rujukan ke puskesmas bila perlu. 

(Gb.2). Penyuluhan Program PKPR ( Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja ) di Sekolah-sekolah Wilayah Tangsel.

    Salah satu program utama sebuah Puskesmas adalah Promosi Kesehatan dalam hal ini penyuluhan kesehatan yang dilakukan untuk memperbaiki perilaku seseorang agar sesuai dengan prinsip hidup sehat. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah mengadakan penyuluhan di sekolah terutama SMP ,SMA/Sederajat dengan tujuan meningkatkan pengetahuan remaja tentang bahaya yang dapat ditimbulkan Napza/ Narkotika bagi generasi muda. Pada tahun 2016 di Puskesmas Benda Baru penyuluhan Napza dilakukan sebanyak 5 kali bagi siswa SMP/SMU sederajat.

(Gb.3). Salah satu Kegiatan Kegiatan Posyandu Asparagus Kelurahan Bambu Apus. 

    Posyandu yang ada di wilayah Puskesmas Benda Baru berjumlah 61 posyandu tersebar pada setiap Kelurahan yang ada. Dalam pelaksanaannya posyandu terkait dengan beberapa program Puskesmas, yaitu Program Gizi, Imunisasi, Kesehatan Ibu dan Anak, KB dan Promosi Kesehatan. Sehingga dalam pengklasifikasiannya juga didasarkan pada kriteria hasil pencapaian cakupan program tersebut disamping berdasarkan frekuensi penimbangan setiap tahun dan jumlah kader 505 orang yang aktif.

Program PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat )

(Gb.4). Suasana Kegiatan Lomba Jumantik, saat sesi tanya jawab antara warga dengan Tim Penilai. 

Kegiatan lomba jumantik antar RW, kelurahan benda baru merupakan wilayah pertama di Tangerang Selatan bahkan di provinsi Banten, yang mendapatkan pengukuhan wilayah bebas jentik.    

    Dikatakan rumah sehat jika memiliki sarana sanitasi dasar yang memenuhi syarat kesehatan seperti jamban kelurga, tempat sampah dan pengelolaan air limbah rumah tangga. Pada tahun 2016, dari  rumah yang ada di wilayah Puskesmas Benda Baru, yang memiliki jamban keluarga (jaga) yang dinyatakan/memenuhi syarat hanya 24.944 rumah (87 %). Sedangkan dari segi penanganan sampah Rumah Tangga, sebanyak 23.293 rumah (87.09%) dikategorikan memenuhi syarat dalam penanganan sampah skala rumah tangga.

    Untuk sarana pengelolaan air limbah, yang memiliki SPAL hanya 24.551 rumah tangga (86.24%) dikategorikan memenuhi syarat. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut cakupan sarana sanitasi lingkungan di wilayah Puskesmas Benda Baru sudah cukup baik, hal ini dipengaruhi oleh kesadaran masyarakat yang meningkat.

    Kami akan berusaha melaksanakan tugas dan berusaha melakukan yang terbaik serta melayani masyarakat dengan hati dan professional agar sebagian laporan ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk perencanaan, evaluasi dan monitoring serta cermin terhadap pelaksanaan kegiatan yang harus dilakukan hari ini, esok dan di masa yang akan datang. Demikian kami sampaikan terima kasih atas segala upaya dan bantuan semua pihak yang telah memberikan kontribusinya.