Hot News

Puskesmas Parigi

 Alamat Puskesmas  :  Kompleks Perkantoran Pondok Aren Kel. Parigi Baru Kec. Pondok Aren Kota Tangerang Selatan,  Telp. 73458210  /  29520869

   

    Pembangunan kesehatan adalah integral dari pembangunan nasional. Untuk tercapainya keberhasilan pembangunan nasional tersebut diperlukan kebijakan pembangunan kesehatan yang lebih dinamis dan proaktif dengan melibatkan semua sektor terkait, pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Gambaran Umum 

    UPT Puskesmas Parigi berada di Jalan Graha Raya Komplek Perkantoran Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, dengan wilayah kerja puskesmas meliputi  :  Kelurahan Parigi dan  Kelurahan Parigi Baru.

Batas-batas wilayah Puskesmas Parigi  :

  • Sebelah Utara     :  Berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Pondok Kacang Timur.
  • Sebelah Selatan  :  Berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Jombang
  • Sebelah Barat      :  Berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Pondok Jagung
  • Sebelah Timur     :  Berbatasan dengan wilayah Kerja Puskesmas Pondok Aren

Program Kegiatan Wajib Puskesmas, diantaranya :

1. Program Promosi Kesehatan

a. Kegiatan Penyuluhan

    Penyuluhan dilakukan pada tingkat Kelurahan, RW maupun RT. Juga pada kelompok masyarakat seperti  di posyandu dan penyuluhan pada tingkat sekolah. 

    Kegiatan penyuluhan dilakukan oleh semua pihak, baik dokter, dokter gigi, bidan dan tenaga kesehatan lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka kesakitan masyarakat di wilayah kerja UPT Puskesmas Parigi.

    Kesehatan lingkungan diselenggarakan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat, oleh karena itu perlunya pengawasan terhadap tempat-tempat umum, lingkungan pemukiman, penyehatan air dan udara, pengamanan limbah padat, limbah cair, limbah gas, radiasi dan kebisingan, pengendalian vektor penyakit serta setiap tempat atau sarana pelayanan umum wajib memelihara dan meningkatkan lingkungan yang sehat sesuai standar.

    Banyak penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh sarana dan sanitasi yang tidak baik seperti misalnya Cholera, Typus, DBD dan lain sebagainya. Oleh karena itu perlunya kerjasama lintas sektor agar masyarakat dapat melaksanakan kebersihan dilingkungannya masing-masing.

(Gb. 1). Kegiatan Penyuluhan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

 b. Pembinaan UKBM (Usaha Kesehatan Bersumber daya Manusia)

a. Jumlah posyandu yang dibina                                                          :  22

b. Jumlah kader posyandu yang dibina                                                :  130

c. Jumlah posbindu                                                                               :  5

d. Jumlah kader dasawisma yang dibina                                              :  115

e. Jumlah Toma ( Tokoh Masyarakat) yang dibina                                :  52

f. Jumlah kelompok TOGA  ( Tanaman Obat Keluarga ) yang dibina    :  5       

g. Jumlah PPKS ( Penggerak Pendidikan Kelompok Sebaya )             :  25

 

 

(Gb. 2). Kegiatan Pelaksanaan Timbang Balita di Pos Yandu.

 Program Pengembangan Wajib, diantaranya : 

a. Program Kesehatan Usila dan Remaja

b. Kegiatan Lintas Program 

    Dalam rangka peningkatan kinerja program UKS, maka dibutuhkan kerjasama dengan berbagai program yang ada di puskesmas. Program UKS melakukan kerjasama dengan bidang Promkes dalam bidang penyuluhan kesehatan, bekerjasama dengan program remaja lansia dalam hal KKR, PKPR, penjaringan siswa SMP dan SMA. UKS juga bekerja sama dengan program anak dalam hal penjaringan siswa TK dan SD. UKS juga bekerjasama dengan petugas Kesling dalam hal PHBS dan kantin sehat. 

(Gb. 3). Kegiatan Pelaksanaan Program PIS - PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) sekaligus melakukan grebek dahak. Grebek Dahak adalah salah satu inovasi dari Puskesmas Parigi.

    Dari beberapa hasil kegiatan Puskesmas yang sudah dilaksanakan, kami masih perlu peningkatan di beberapa program Kesehatan.  Untuk itu perbaikan Kinerja menjadi Prioritas utama untuk meningkatkan cakupan program di Puskesmas Parigi, demi tercapainya kesehatan optimal di seluruh lapisan masyarakat.