Hot News

Puskesmas Serpong 1

 Alamat Puskesmas :  Jl. Raya Serpong Kec. Serpong Kota Tangerang Selatan,  Telp. 7566045

    Puskesmas menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya (Permenkes No 75 Tahun 2014).

Gambaran Umum

     UPT Puskesmas Serpong 1 merupakan puskesmas yang berdiri sejak tahun 1973, yang lokasinya bersebelahan dengan pasar Serpong yang juga sudah lama berdiri. Tanah yang ditempati merupakan tanah aset Universitas Indonesia. Pada awal berdirinya UPT Puskesmas Serpong 1, pengelolaan Puskesmas berada di bawah naungan dinas kesehatan kabupaten Tangerang. Dulunya UPT Puskesmas Serpong 1 bernama Puskesmas Serpong dan wilayah kerjanya meliputi seluruh kecamatan Serpong yang meliputi 9 kelurahan. Kemudian setelah tahun 2009 sejak berdirinya kota Tangerang Selatan, dibangun tiga puskesmas di wilayah kecamatan Serpong, yakni UPT Puskesmas Serpong 1, UPT Puskesmas Serpong 2 dan UPT Puskesmas Rawa Buntu. Sejak saat itu, UPT Puskesmas Serpong 1 wilayah kerjanya hanya meliputi 2 kelurahan saja, yakni kelurahan Serpong dan kelurahan Cilenggang.

     Secara geografis wilayah kerja UPT Puskesmas Serpong 1 seluas 366,13 hektar yang terdiri dari kelurahan Serpong seluas 198,8 hektar dan kelurahan Cilenggang 167,33 hektar (Data Profil Kelurahan Serpong dan Kelurahan Cilenggang tahun 2015). UPT Puskesmas Serpong 1 terletak di jalan raya Serpong di atas tanah seluas 5000m2 bersebelahan dengan pasar dan SDN Serpong 1.

Adapun batas wilayah kerja UPT Puskesmas Serpong 1 adalah  :

Ø Utara                  :  wilayah kerja Puskesmas Serpong 2

Ø Selatan              :  wilayah kerja Puskesmas Kranggan

Ø Barat                  :  wilayah kerja Puskesmas Kranggan

Ø Timur                 :  wilayah kerja Puskesmas Rawa Buntu

 

    Upaya kesehatan yang dilakukan di UPT Puskesmas Serpong 1 terdiri dari upaya kesehatan dalam gedung dan luar gedung yang meliputi pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan dan penunjang, pemberantasan penyakit menular, pembinaan kesehatan lingkungan dan sanitasi dasar, perbaikan gizi masyarakat, pelayanan kefarmasian dan alat kesehatan. Untuk mempermudah uraian, program di UPT Puskesmas Serpong 1 dibagi menjadi dua yakni program utama dan program pengembangan wajib.

Program Utama Puskesmas, diantaranya  :

1. Promosi Kesehatan 

1.1. PHBS 

    Rumah tangga sehat adalah rumah tangga yang melakukan PHBS di rumah tangga yaitu : (1) persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, (2) memberi bayi ASI eksklusif, (3) menimbang bayi dan balita, (4) menggunakan air bersih, (5) mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, (6) menggunakan jamban sehat, (7) memberantas jentik di rumah, (8) makan buah dan sayur setiap hari, (9) melakukan aktifitas fisik setiap hari, (10) tidak merokok di dalam rumah.

1.2. Pos Yandu dan Pembinaan Kader

    Posyandu adalah kegiatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Dilihat dari indikator-indikator yang ditetapkan oleh departemen kesehatan, posyandu secara umum dapat dibedakan menjadi 4 kategori, yakni posyandu pratama, posyandu madya, posyandu purnama dan posyandu mandiri.

 2. Kesehatan Keluarga dan Reproduksi

2.1. Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil

 

 

(Gb. 1). Kegiatan kelas ibu hamil di wilayah kelurahan Lengkong Gudang.

 

 2.1.  Pelayanan Bayi dan Balita

     Pelayanan kesehatan pada bayi dan balita penting untuk menunjang tumbuh kembang yang sehat. Pelayanan kesehatan pada bayi dan balita meliputi berbagai macam hal yakni penimbangan, pemantauan tumbuh kembang pada kms, pemberian imunisasi, pelayanan posyandu, pemberian vitamin A dan konseling pemberian ASI eksklusif.

3. Perbaikan Gizi Masyarakat

    Perbaikan gizi masyarakat adalah kegiatan untuk mengupayakan peningkatan status gizi masyarakat dengan pengelolaan terkoordinasi dari berbagai profesi kesehatan serta dukungan peran serta aktif masyarakat.

(Gb. 2). Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Keluarga dan Gizi di wilayah Kelurahan Cilenggang. 

 

Program Pengembangan Wajib, diantaranya  :  

1. Program Lansia

    Lansia adalah orang yang sudah berusia lanjut yakni lebih dari 60 tahun. Angka harapan hidup yang meninggi akan meningkatkan jumlah orang lanjut usia. Di wilayah UPT Puskesmas Serpong 1 sendiri jumlah lansia pada tahun 2015 ada 9.647 orang sedangkan di tahun 2016 jumlah lansia meningkat menjadi 9.870 dengan jumlah lansia perempuan lebih banyak daripada lansia laki-laki.

    Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan untuk para lansia antara lain pengukuran tekanan darah, mengecek kadar gula sewaktu dan penyelenggaraan posbindu lansia, serta senam lansia yang diadakan setiap Jumat pagi.

 

(Gb. 3). Kegiatan Prolanis, Pemeriksaan Tekanan darah dan Senam bersama di Puskesmas Serpong I.  

 

2. UKS, UKGS dan UKGMD

     Selain program lansia, program pengembangan yang dilakukan di UPT Puskesmas Serpong 1 adalah program UKS, UKGS dan UKGMD. UKS dan UKGS merupakan usaha kesehatan yang berbasis di sekolah dengan masyarakat usia sekolah sebagai pastisipan aktif maupun pasif dan dilaksanakan bekerja sama dengan sektor lain yakni Dinas Pendidikan. Dalam pelaksanaannya UKS terintegrasi dengan UKGS. Kegiatan UKS sendiri terdiri dari pembentukan dokter kecil dan penyuluhan ke sekolah-sekolah.

    Beberapa program dan kegiatan yang dipaparkan diatas adalah sebagian program yang dijalankan oleh puskesmas, kami menyadari sepenuhnya masih adanya keterbatasan maupun keunggulan tertentu di masing-masing unit pelayanan tapi kami tetap berusaha untuk meningkatkan dan memberikan kualitas pelayanan terbaik ke masyarakat agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kita semua. Amin.