Hot News

Pelatihan 1 Rumah 1 Jumantik

 

 

(Gb.01) Camat Pamulang, Deden Juardi, perwakilan dari Dinas Kesehatan Tangsel, dr. Alwan, foto bersama pengurus Pokjanal dan Kader Jumantik.

    Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit Infeksi Virus akut yang disebabkan oleh Virus Dengue ditandai demam 2 s/d 7 hari disertai dengan manifestasi pendarahan, penurunan Trombosit, adanya Hemokonsentrasi yang ditandai kebocoran Plasma. Dan dapat pula disertai Gejala tidak khas seperti nyeri kepala, nyeri Otot, & Tulang, Ruam kulit atau nyeri belakang bola mata. Lalu bagaimanakah Cara Penularannya..?  Nyamuk Aedes menggigit dan menghisap darah manusia yang membawa Virus Dengue tersebut ke dalam tubuh nyamuk, sehingga saat nyamuk tersebut kembali menggigit manusia, Virus itupun ikut terbawa ke tubuh manusia sehat yang digigitnya. 

    Bagaimana mencegah penyebaran penyakit ini di wilayah Tangsel..?  Pemerintah memiliki Program PSN 3M Plus melalui Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik  juga Program Pelatihan langsung kepada masyarakat, Pemerintah Tangsel melalui Dinas Kesehatan mengadakan Program Pelatihan 1 Rumah 1 Jumantik diseluruh wilayah Tangsel. Berikut ini adalah Program Pelatihan yang berlangsung di Wilayah Pamulang pada tanggal. 03 s/d 04 Maret 2018 lalu, dibantu Kelompok Kerja Operasional ( POKJANAL) Kec. Pamulang, tujuan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan Pengetahuan para Supervisor dan Koordinator Jumantik di 8 kelurahan Pamulang dalam Upaya Pencegahan penyakit DBD di wilayah masing-masing. Seperti yang diperlihatkan gambar-gambar di bawah ini : 

            

         (Gb.2).  dr. M. Alwan AT, Dari Dinas Kesehatan saat memberikan arahan kepada masyarakat di kelurahan Pondok Benda                         

           

    (Gb. 3).  Suasana Pelatihan 1 Rumah 1 Jumantik bersama Masyarakat di kelurahan Pamulang didampingi pengurus Pokjanal 

            

 (Gb.4). Tim Surveyor Jumantik, saat mengadakan Peninjauan langsung ke rumah warga di Kel. Pondok Benda

             

   (Gb.5). Tim Surveyor Jumantik, saat berdiskusi langsung bersama warga di Kel. Pamulang Barat