Hot News

Makan dan Minum Sehat Selama Berpuasa

    Puasa adalah salah satu bagian dari Kewajiban untuk menjalaninya bagi yang beragama Islam, supaya tetap sehat dan bugar selama menjalankan Puasa, kami menginformasikan beberapa jenis makanan dan minuman untuk dikonsumsi pada bulan puasa ini.

    Buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama puasa, misalnya buah-buahan seperti Apel, Alpukat, Melon, Semangka, Pisang, Kurma. buah-buahan seperti yang disebutkan sebelumnya tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh agar zat-zat yang hilang selama berpuasa bisa terganti.

    Sama dengan buah, sayuran segar yang juga mengandung banyak serat, vitamin dan mineral merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi selama berpuasa, terutama saat makan sahur contohnya, Bayam, Brokoli, Wortel, Kentang, Kacang panjang. Kandungan nutrisi dalam sayuran pun akan membuat tubuh anda tetap segar sepanjang hari walaupun menjalankan ibadah puasa.

    Makanan sumber protein juga bisa dijumpai dalam berbagai jenis Kacang-kacangan. Fungsi lain dari kacang-kacangan adalah untuk mengatur regulasi gula darah, penyerapan kalsium, dan metabolisme lemak dan karbohidrat.

    Telur banyak mengandung vitamin A dan D, sehingga sangat baik untuk mata dan kesehatan tulang kita. Konsumsilah telur dengan secukupnya untuk memastikan asupan vitamin bagi tubuh Anda tercukupi selama puasa.

    Makanan sehat yang dikonsumsi tidak akan berfungsi dengan baik jika seseorang mengalami Dehidrasi, oleh karena itu meminum Air Putih yang cukup akan mengembalikan cairan yang hilang selama puasa. Sebaiknya ketika Anda akan berbuka sedapat mungkin hindarilah meminum kopi, teh, atau minuman berkarbonasi karena itu tidak baik untuk sistem pencernaan Anda yang sedang kosong selama beberapa jam ketika Anda berpuasa.

    Kandungan bakteri baik dalam Yogurt sangat dibutuhkan oleh usus selama proses pencernaan makanan, oleh karena itu rutin mengkonsumsi yogurt ketika Anda berpuasa dapat menyehatkan sistem kerja usus Anda dan mampu menurunkan tekanan darah.

    Air kelapa muda diketahui mengandung cairan elektrolit yang hampir menyerupai cairan elektrolit di dalam tubuh, oleh karena itu disamping air putih untuk melepas dahaga air kelapa muda juga sangat direkomendasikan untuk diminum selama menjalankan puasa.