Hot News

Mengatur Makanan Seimbang Untuk Tubuh

Makanan yang seimbang untuk tubuh sesuai dengan kebutuhan zat gizi pada masing-masing tubuh manusia dimana makanan yang dikonsumsi itu mengandung gizi seperti :

           

  • Karbohidrat 
  • Protein
  • Vitamin & mineral 
  • Lemak
  • Serat

  

KARBOHIDRAT 

Karbohidrat merupakan sumber utama untuk kegiatan sehari-hari. Yang bisa didapatkan dari : 

1. Tepung-tepungan

Kita hendaknya selalu makan salah satu makanan sumber tepung-tepungan setiap kali makan.

Contohnya : Nasi, kentang, mie, ubi, singkong

Bila kita tidak cukup makan makanan ini akan merasa cepat lelah karena kekurangan sumber tenaga.

2. Gula

Gula terdapat pada berbagai makanan, contohnya : Gula pasir, gula merah, gula batu, sirup, madu dan kue manis.

LEMAK

Lemak juga merupakan sumber tenaga. Lemak terdapat dalam minyak, margarin, santan, kulit ayam, kulit bebek dan lemak hewan lainnya. Lemak yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi Gemuk.

PROTEIN

Protein digunakan untuk pertumbuhan dan mengganti jaringan yang rusak. kita perlu makan protein setiap hari. Protein banyak terdapat pada : Ikan, ayam, daging, telur, susu, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

VITAMIN DAN MINERAL

Vitamin dan mineral terdapat pada sayuran dan buah-buahan, berfungsi untuk membantu melancarkan kerja tubuh. Apabila kita makan makanan yang bervariasi setiap harinya, maka tak perlu lagi suplemen Vitamin.

SERAT

Serat baik untuk kesehatan karena :

- Membuat perut terasa lebih kenyang

- Membantu menurunkan glukosa darah

- Membantu menurunkan lemak darah

- Melancarkan Buang air besar

Kandungan Serat bisa didapatkan di dalam : Roti, Gandum, buah dan sayuran segar, kacang-kacangan, tahu, tempe, bekatul