Hot News

Puskesmas Bakti Jaya

Alamat Puskesmas :  Jl. Permata Raya Kompleks Perumahan Permata Desa Bakti Jaya Kec. Setu Kota Tangerang Selatan, Telp. 75879977

 

    Dalam upaya mendukung pembangunan kesehatan Nasional, kita telah mempunyai visi yang harus kita capai yaitu menuju Indonesia sehat 2020, yang selanjutnya diteruskan sampai tingkat Propinsi, Kabupaten/ Kota, dan Kecamatan masing – masing dengan demikian kita mengharapkan masyarakat diseluruh Indonesia dan khususnya penduduk kecamatan Setu memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata dan memiliki derajat kesehatan yang setinggi – tingginya.

    Dengan segala keterbatasannya, UPT. Puskesmas Bakti Jaya, yang menjadi ujung tombak dalam pelayanan kesehatan diwilayah kerjanya mencoba memberikan pelayanan yang optimal untuk meningkatkan derajat kesehatan penduduk sekitarnya. 

Gambaran Umum

    UPT. Puskesmas Bakti Jaya, merupakan salah satu fasilitas kesehatan milik pemerintah Kota Tangerang Selatan yang membina 2 (dua) desa / kelurahan di wilayah Kecamatan Setu.

UPT Puskesmas Bakti Jaya terletak di jalan. Permata Raya Pamulang Permata Pamulang Kelurahan Bakti Jaya, berdiri diatas tanah seluas 1000 m2 yang merupakan tanah milik Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Adapun batas wilayah kerja UPT. Puskesmas Bakti Jaya, adalah :

  • Utara      :  Wilayah kerja Puskesmas Rawa Buntu
  • Selatan   :  Wilayah kerja Puskesmas Gn Sindur Bogor
  • Barat       : Wilayah kerja Puskesmas Keranggan
  • Timur      :  Wilayah kerja Puskesmas Pondok Benda

Pelaksanaan Kegiatan Puskesmas, diantaranya :


1. Promosi Kesehatan

    Berbagai upaya untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat serta meningkatkan klasifikasi IV PBHS di setiap saat tatanan telah dilakukan melalui mendorong terbentuknya upaya kesehatan bersumber masyarakat berupa desa siaga, pelaksanaan pelatihan SBH anggota baru dan lama, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat pada rumah tangga, institusi pendidikan (sekolah), institusi sarana kesehatan, institusi tempat-tempat umum, institusi tempat kerja, penyuluhan Demam Berdarah, penyuluhan Napza, lomba Cerdas Cermat kader, lomba Posyandu, dan pembinaan kader untuk lomba cerdas cermat tingkat kabupaten, serta mendorong agar bayi mendapatkan ASI eksklusif.

(Gb.1).  Pembinaan dan Penyuluhan bahaya Obat-obatan Terlarang/ Narkotika di kalangan Remaja.

 

2. Perbaikan Gizi Masyarakat

    Pemberian kapsul vitamin A (dosis 200.000 SI) pada balita 2 kali/tahun, pemberian tablet besi (90 tablet) pada ibu hamil, pemberian PMT pemulihan balita gizi buruk pada gakin, balita naik berat badannya.

 

(Gb.2). Pemberian Vitamin A di Posyandu wilayah kerja Puskesmas Bakti Jaya.

 

Program Pengembangan Wajib, Diantaranya

1. Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut

    Pembinaan kelompok usia lanjut sesuai standar dan pemantauan kesehatan pada anggota kelompok usia lanjut yang dibina sesuai standar.

(Gb.3). Pemeriksaan Derajat Kesehatan Osteoporosis kepada para Lansia.

 

 2. Program UKS/ UKGS

    Penjaringan kesehatan untuk murid kelas 1 (SD/MI), setiap tahun ajaran baru dilaksanakan penjaringan kesehatan dengan tujuan untuk menentukan pelayanan secara dini pada anak sekolah, kegiatannya adalah pemeriksaan jasmani oleh guru olahraga, pemeriksaan fisik oleh guru umum, pemeriksaan Mulut dan Gigi oleh dokter Gigi/ perawat Gigi, pemeriksaan penglihatan dan pendengaran oleh para medis Puskesmas.

(Gb.4). Kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS), Salah satunya; Penyuluhan Kesehatan Mulut dan Gigi usia sekolah bersama paramedis Puskesmas Bakti Jaya. 

 

    UPT. Puskesmas Bakti Jaya, yang menjadi pelayanan kesehatan tingkat dasar di wilayah kelurahan Bakti Jaya dan kelurahan Babakan dengan keterbatasan yang ada berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal dibidang kesehatan di wilayah kerjanya.

    Adanya peran serta aktif dari masyarakat dan koordinasi yang baik dilintas Sektoral akan dapat memberikan perbaikan yang berarti bagi pelayanan kesehatan di Kec. Setu di tahun mendatang.