Hot News

Puskesmas Pondok Benda

    Dalam rangka mendukung program Kesehatan pemerintah, Puskesmas Pondok Benda memiliki Tujuan, Tercapainya tingkat kinerja Puskesmas Pondok Benda yang berkualitas dan optimal dalam kontribusinya mendukung pemerataan pelayanan kesehatan yang bermutu, prima dan dapat mencakup semua lapisan masyarakat.

 Gambaran Umum Wilayah Puskesmas Pondok Benda

    Puskesmas Pondok Benda terletak  ± 2 km sebelah Timur Kota Tangerang Selatan. Luas wilayah Kelurahan Pondok Benda kira – kira 412 Ha dengan sebagian besar berupa tanah darat/ kering (93,64%) sisanya adalah tanah rawa/ danau. Puskesmas Pondok Benda merupakan salah satu dari 3 Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Pamulang. Letaknya berbatasan dengan :

  • Sebelah Utara               :  Wilayah Kecamatan Ciputat/ Kelurahan Serua
  • Sebelah Selatan           :  Wilayah Kota Depok/Kecamatan Pondok Petir
  • Sebelah Barat               :  Wilayah Kecamatan Setu
  • SebelahTimur               :  Wilayah Kerja Puskesmas Benda baru

 A. Program Kegiatan Wajib

    A.1.  Program Promosi Kesehatan

     Peningkatan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Pondok Benda dilakukan selain pelayanan kesehatan dalam gedung, juga dengan melakukan kegiatan penyuluhan sebagai upaya promotif dan preventif. Penyuluhan dilakukan pada tingkat rumah tangga, RT, RW, kelurahan, juga pada kelompok masyarakat seperti di posyandu, posbindu, majelis taklim dan penyuluhan pada institusi pendidikan.

A.1.1. Kegiatan Penyuluhan

    Kegiatan penyuluhan dilakukan oleh semua pihak, baik dokter umum, dokter gigi, bidan, ahli gizi, dan tenaga kesehatan lainnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka kesakitan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Pondok Benda.

(Gb.1). Kegiatan Penyuluhan ke SMP Assalamah Pondok Benda. Materi yang di sampaikan tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), PHBS, HIV/AIDS, Kespro.

A.1.2. UKBM

     Pelaksanaan kegiatan pembangunan di bidang kesehatan sangat membutuhkan peran serta aktif masyarakat. Peran serta masyarakat diwujudkan dalam bentuk UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat) yang bentuknya antara lain : Posyandu, Posyandu PTM (Penyakit Tidak Menular), Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Dasa Wisma, Sakha Bakti Husada, Batra, Pokja Kelurahan Sehat, Penggerak Pendidik Kelompok Sebaya, Pos Bindu dan lain lain.

(Gb.2). Kegiatan posyandu parikesit RW 017 Kelurahan Pondok Benda, 

B.1.  Program KIA-KB

B.1.1.  Pemeriksaan Ibu Hamil

 

(Gb.3). Program "Deteksi Ibu, Sayangi Bayi" ibu hamil yang beresiko akan mendapatkan kunjungan rumah dari petugas puskesmas.

    Dalam memberikan pelayanan khususnya ibu hamil yang memiliki risiko tinggi oleh tenaga bidan di desa dan puskesmas, beberapa kasus memerlukan pelayanan kesehatan rujukan. Hal ini karena terbatasnya kemampuan dan prasarana dalam memberikan pelayanan sehingga kasus tersebut perlu dirujuk ke unit pelayanan kesehatan yang memadai. Pada tahun 2016 ada 235 ibu hamil resiko tinggi (20% dari jumlah ibu hamil). Jumlah Ibu hamil resiko tinggi yang ditangani sebanyak 100%.

 

    Penilaian hasil kinerja yang didapatkan pada tahun-tahun sebelumnya menjadi acuan dan pedoman bagi kami untuk bekerja lebih baik di tahun berikutnya, sehingga derajat kesehatan masyarakat di wilayah Kelurahan Pondok Benda, baik secara kuantitatif maupun kualitatif dapat terus meningkat. Dan tentu saja, kami tidak dapat bekerja sendiri, perlu dukungan baik moril maupun materiil dari Dinas Kesehatan, pemegang kebijakan daerah serta seluruh lapisan masyarakat. Bila semua unsur terkait saling bersinergi, kami yakin, pelayanan kesehatan masyarakat dapat lebih optimal.