Hot News

Puskesmas Pamulang

 Alamat Puskesmas :  Jl. Surya Kencana No. 1 Kec. Pamulang Kota Tangerang Selatan,  Telp. 7445537

    Salah satu bentuk fasilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah Puskesmas. Fasilitas pelayanan kesehatan ini merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat dalam membina peran serta masyarakat juga memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat. Dengan kata lain Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya. Pelayanan kesehatan tersebut ditujukan kepada semua penduduk, tidak membedakan jenis kelamin dan golongan umur, sejak pembuahan dalam kandungan sampai dengan tutup usia.

Gambaran Umum

    Puskesmas Pamulang meliputi 4 wilayah kelurahan yang termasuk dalam wilayah kerja Puskesmas Pamulang yaitu Kelurahan Pondok Cabe Udik, Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Kelurahan Pamulang Barat, dan Kelurahan Pamulang Timur.

Pelayanan Kesehatan Wajib

1. Promosi Kesehatan

     1.1. Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM)

 *   PHBS bidang gizi dilakukan dan di sampaikan kepada masyarakat seperti  :

 -    Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

 -    Memberikan tablet besi selama hamil

 -    Menganjurkan ASI eksklusif

 -    Pemberian Vitamin A kepada bayi dan balita

 -    Pojok Gizi dan Konsultasi Gizi

 

 *   PHBS bidang KIA dan KB dilakukan dan telah di aplikasikan dalam kegiatan Puskesmas, antara lain  :

 -    Melakukan pemeriksaan kehamilan

 -    Menganjurkan persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan

 -    Melakukan penimbangan balita setiap bulan

 -    Melaksanakan imunisasi lengkap pada bayi

 -    Melaksanakan kegiatan Keluarga Berencana

 

2.2. Posyandu

   Posyandu merupakan salah satu Bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, utamanya mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

2. Penyelenggaraan Pemberantasan Penyakit Menular

    Pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk melalui kegiatan satu rumah satu Jumantik yang disepakati pada saat Lokmin Lintas Sektoral yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Pamulang bekerjasama dengan Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Kota Tangerang selatan.

 

(Gb.1). Kegiatan Sertifikasi 1 Rumah 1 Jumantik  RW. 13 Pamulang.

 

Pengobatan

Kunjungan Rawat Jalan

    Selama tahun 2016 jumlah penduduk yang memanfaatkan puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sebanyak 66.656 orang yang terdiri dari pasien EKTP, Jamkesda, Jamkesmas dan BPJS . Berdasarkan jumlah penduduk 154.669 jiwa yang memanfaatkan puskesmas sebagai tempat pelayanan kesehatan yaitu sebesar 43,1% atau lebih sedikit dari jumlah penduduk Kecamatan Pamulang, hal tersebut dikarenakan ada beberapa pusat kesehatan , klinik serta rumah sakit di wilayah kerja puskesmas pamulang yang mungkin berkunjung selain ke puskesmas pamulang.

Kegiatan Pusling

    Pelayanan kesehatan luar gedung puskesmas adalah kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh petugas puskesmas ke lingkungan masyarakat secara langsung yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat menjangkau pelayanan kesehatan. 

    Kegiatan luar gedung yang dilakukan UPT Puskesmas Pamulang selama tahun 2016 adalah kegiatan puskesmas keliling, imunisasi, gizi, KIA-KB, kesehatan lingkungan, dan promosi kesehatan (Penyuluhan), PHBS, Perkesmas, UKS/UKGS, Posyandu Balita dan Lansia

 

(Gb.2). Salah satu kegiatan Penyuluhan mencegah meluasnya penyakit DBD atau Malaria di RW. 13  Pamulang.

    Hasil kegiatan yang tercantum pada laporan tahun 2016 ini adalah merupakan suatu upaya yang mengikutsertakan peran serta masyarakat, oleh sebab itu kesulitan dan hambatan selalu saja terjadi, karena keberhasilan yang diperoleh semata-mata karena peran aktif masyarakat sendiri sehingga bisa membantu program-program yang telah dilaksanakan Puskesmas Pamulang.

    Semua program yang ada telah kami laksanakan, tetapi dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang ada dipuskesmas pamulang kami menyadari masih ada program yang belum mencapai target. Semoga dapat kami tingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.