Hot News

Puskesmas Pondok Pucung


                                                                                      

Alamat Puskesmas :  Jl. Santunan Jaya Gg. Rajawali Bintaro RT.01/ RW.03, Pondok Pucung Kec.  Pondok Aren kota Tangerang Selatan 

Telp.( 021 ) 37927976  /

Gambaran Umum

a.    Geografis Wilayah Puskesmas Pondok Pucung

Puskesmas Pondok Pucung terletak di jalan Santunan Jaya RT 001 RW003 Kelurahan Pondok Pucung Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan batas wilayah sebagai berikut :

  • Utara     :  Kelurahan Pondok Jaya Kecamatan Pondok Aren
  • Selatan   :  Kelurahan Jombang Kecamatan Ciputat
  • Barat      :  Kelurahan Parigi Kecamatan Pondok Aren 
  • Timur     :  Kelurahan Sawah Baru Kecamatan Ciputat

Secara geografis Puskesmas Pondok Pucung  mempunyai luas wilayah kerja 301.150 Ha, dan terdiri dari 1 Kelurahan 16 RW dan 95 RT.

Sedangkan dalam satu wilayah Kecamatan Pondok Aren, terdapat 6 wilayah kerja Puskesmas, yaitu : 

1.      Puskesmas Pondok Pucung

2.      Puskesmas Pondok Aren

3.      Puskesmas Parigi

4.      Puskesmas Pondok Kacang Timur

5.      Puskesmas Pondok Betung

6.      Puskesmas Jurang Mangu Timur

 

b.      Data Demografi.

  • Kependudukan

    Karena letaknya yang berbatasan dengan Provinsi DKI Jakarta, maka keadaan penduduk wilayah Kecamatan Pondok Aren sangat heterogen, bersifat dinamis sesuai dengan perkembangan penduduk pada daerah-daerah pemukiman yang terdiri dari berbagai kultur dan suku. Sesuai dengan fungsinya sebagai penyangga Ibukota, maka banyak penduduk yang tinggal di wilayah ini tapi bekerja di DKI Jakarta. Secara demografis wilayah kerja Puskesmas Pondok Pucung mempunyai penduduk sebanyak 35.010 jiwa, laki-laki 16.946 jiwa, perempuan 18.064 jiwa.

Kegiatan Pertemuan dengan para Kader Kesehatan.

 

1. Pelayanan Kesehatan

    Upaya pelayanan kesehatan dasar merupakan langkah awal yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Dengan pemberian pelayanan kesehatan dasar secara cepat dan tepat, diharapkan sebagian besar masalah kesehatan masyarakat sudah dapat diatasi.

1.1. Pelayanan Kesehatan kepada Ibu Hamil

Upaya perlindungan ibu dan bayi terhadap kemungkinan penyakit Tetanus pada saat persalinan dilaksanakan melalui pemberian Imunisasi TT kepada ibu hamil.

Pemberian tablet Fe kepada ibu hamil ada 2 indikator yaitu Fe1 dan  Fe3. Cakupan ibu hamil yang mendapat tablet Fe adalah cakupan ibu hamil yang mendapat 90 tablet Fe selama periode kehamilannya.

1.2.  Pelayanan Keluarga Berencana di Puskesmas Pondok Pucung

Akseptor KB adalah Pasangan Usia Subur (PUS) yang salah seorang dari padanya menggunakan salah satu cara atau alat kontrasepsi dengan tujuan untuk pencegahan kehamilan baik melalui program maupun non program. Jenis- Jenis Akseptor KB sebagai berikut :

1)   Akseptor KB baru

Akseptor KB baru adalah Pasangan Usia Subur (PUS) yang pertama kali menggunakan kontrasepsi setelah mengalami kehamilan yang berakhir dengan keguguran atau kelahiran.

2)   Akseptor KB lama

Akseptor KB lama adalah Pasangan Usia Subur (PUS) yang melakukan kunjungan ulang termasuk pasangan usia subur yang menggunakan alat kontrasepsi kemudian pindah atau ganti ke cara atau alat yang lain atau mereka yang pindah klinik baik menggunakan cara yang sama atau cara (alat) yang berbeda.

3)   Akseptor KB aktif

Peserta KB aktif adalah Pasangan Usia Subur (PUS) yang pada saat ini masih menggunakan salah satu cara atau alat kontrasepsi.

4)   Akseptor KB aktif kembali

Peserta KB aktif kembali adalah Pasangan Usia Subur (PUS) yang telah berhenti menggunakan selama tiga bulan atau lebih yang tidak diselingi oleh suatu kehamilan dan kembali menggunakan alat kontrasepsi baik dengan cara yang sama maupun berganti cara setelah berhenti atau istirahat paling kurang tiga bulan berturut-turut dan bukan karena hamil.

1.3. Pelayanan Kesehatan Anak

    Penimbangan bayi dan balita dimaksudkan untuk memantau pertumbuhannya setiap bulan. Penimbangan bayi dan balita dilakukan setiap bulan mulai umur 0 bulan sampai 59 bulan di Puskesmas atau Posyandu. Setelah bayi dan balita ditimbang, catat hasil penimbangan dibuku KIA (kesehatan ibu dan anak) atau KMS (kartu menuju sehat), maka akan terlihat berat badannya naik atau tidak naik (lihat perkembangannya).

    Pelayanan kesehatan pada kelompok anak pra sekolah, usia sekolah dan remaja dilakukan dengan pelaksanaan pemantauan dini terhadap tumbuh kembang dan pemantauan kesehatan anak pra sekolah, pemeriksaan anak sekolah dasar /sederajat, serta pelayanan kesehatan pada remaja, baik yang dilakukan oleh tenaga kesehatan maupun peran serta tenaga terlatih lainnya seperti kader kesehatan, guru UKS dan dokter kecil serta pemeriksaan UKGS.

1.4. Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut

    Tingginya angka harapan hidup  menunjukkan semakin baiknya kualitas kesehatan masyarakat dan menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan. Sejalan dengan itu, tingginya angka harapan hidup juga menyebabkan semakin tinggi pula jumlah populasi penduduk lanjut usia (Lansia), yang pada sisi lain menjadi tantangan pembangunan, yang jika tidak ditangani dengan baik akan menjadi masalah baru.

CAKUPAN PELAYANAN KESEHATAN USIA LANJUT MENURUT JENIS KELAMIN

DI PUSKESMAS PONDOK PUCUNG TAHUN 2016

 

2. Pelayanan Jaminan Kesehatan dan Rujukan.

    JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adalah program Pemerintah yang bertujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera.Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan (Frequently Asked Questions/FAQ) terkait dengan Program JKN.

Peserta adalah setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia, yang telah membayar iuran. Peserta JKN terdiri dari Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Peserta Non Penerima Bantuan Iuran (Non PBI).

CAKUPAN JAMINAN KESEHATAN  PENDUDUK MENURUT JENIS JAMINAN DAN JENIS KELAMIN

DI PUSKESMAS PONDOK PUCUNG TAHUN 2016

 

 

3. Pembinaan Kesehatan Lingkungan dan Sanitasi Dasar

    Kesehatan lingkungan merupakan suatu disiplin ilmu dan seni untuk memperoleh keseimbangan antara lingkungan dan manusia, dan juga merupakan ilmu dan seni mengelola lingkugan agar bisa menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, sehat, nyaman dan aman serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Seperti Rumah Sehat, Akses Air Minum, Kualitas Air Bersih, Jamban, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Sanitasi Tempat Umum dan Tempat Pengolahan Makan, Menjadi perhatian dan kepedulian Puskesmas Pondok Pucung untuk tetap menjaga tingkat Higienis pada Standar Higienis Kesehatan.

    Puskesmas Pondok Pucung terletak di kelurahan Pondok Pucung yang merupakan saat ini termasuk kelurahan siaga, hal tersebut didukung dengan adanya fasilitas kesehatan yang melayani setiap rukun warga ataupun rukun tetangga, maka Puskesmas Pondok Pucung mengelola sejumlah Posyandu dengan strata Madya sejumlah 9, Purnama sejumlah 2, mandiri sejumlah 1. Selain itu juga terdapat upaya kesehatan bersumber masyarakat yaitu Posbindu sejumlah 4 unit.

Data dan Laporan yang dipaparkan diatas adalah baru sebagian Laporan yang dimiliki Puskesmas Pondok Pucung, 

    Untuk itu, agar hasil yang diperoleh semakin meningkat, maka kami membutuhkan masukan, saran dan kritik yang membangun demi tetap terjaganya Target kesehatan masyarakat di masa yang akan datang. Sehingga mutu dan hasil yang diperoleh dapat lebih tercapai.