Hot News

Puskesmas Jurang Mangu

                                                                                       

Alamat : Jl. Raya Jurang Mangu Timur, Kel. Jurang Mangu Kec. Pondok Aren Kota Tangerang Selatan Telp. (021) 73881743

    Dalam Sistem Kesehatan Nasional, Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan dapat terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat.

    Dalam upaya-upaya tersebut, Puskesmas Jurang Mangu memiliki peranan dalam kesehatan masyarakat-nya melalui kegiatan penyuluhan, pembinaan secara perorangan atau kelompok mulai dari tingkat keluarga, RT/RW, kelurahan dan kecamatan.

      Puskesmas Jurang Mangu merupakan salah satu puskesmas di wilayah Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan, dengan luas wilayah 5.26 Km2 , dengan batas-batas wilayah :

o Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang

o Sebelah Selatan  berbatasan dengan Kecamatan Ciputat Timur

o Sebelah Barat berbatasan dengan Wilayah kerja Puskesmas Pondok Aren

o Sebelah Timur berbatasan dengan Wilayah kerja Puskesmas Pondok Betung

  • Puskesmas Jurang Mangu membina 2 kelurahan dari Kecamatan Pondok Aren yaitu Kelurahan Jurang Mangu Barat dan Kelurahan Jurang Mangu Timur.
  • Puskesmas Jurang mangu terletak di Jalan Raya Kelurahan Jurang Mangu Timur, kecamatan Pondok Aren, kota Tangerang selatan Propinsi Banten. 

* Kesiapan Tenaga Medis di Puskesmas  Periode  Juli   2016:

  • Analis : 1 ( satu ) orang
  • Apoteker : 1 ( satu ) orang
  • Bidan : 9 ( sembilan ) orang
  • Dokter Gigi : 1 ( dua ) orang
  • Perawat Gigi : 1 ( satu ) orang
  • Dokter Umum : 5 ( lima ) orang
  • Perawat : 7 ( tujuh ) orang
  • Gizi : 1 ( satu ) orang
  • Sanitarian : 1 ( satu ) orang 

 * Jenis Pasien yang Dilayani : 

- Umum

- Jamkesda

- BPJS : 

* Askes, Jamsostek, Jamkesmas dan TNI/Polri

Program Kegiatan Wajib Puskesmas

1. Program Promosi Kesehatan

a. Kegiatan Penyuluhan

    Kegiatan penyuluhan dilakukan oleh semua pihak, baik dokter umum, dokter gigi, bidan dan tenaga kesehatan lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi angka kesakitan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Jurang Mangu

    Kegiatan penyuluhan yang dilakukan pada tahun 2016 di wilayah kerja Puskesmas Jurang Mangu sebanyak 1.398 kali, dan sebanyak 17 kali (12.5 %)  berupa penyuluhan yang berhubungan dengan NAPZA

 

(Gb. 1). Pelaksanaan Kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan Langsung ke masyarakat Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga ( PISPK).

 

b. UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat)

      Pelaksanaan kegiatan pembangunan di bidang kesehatan sangat membutuhkan peran serta aktif masyarakat. Peran serta masyarakat diwujudkan dalam bentuk UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat) yang bentuknya antara lain : Posyandu, Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Posbindu, Kader dasawisma, SBH (Saka Bakti Husada), PPKS (Penggerak Pendidikan Kelompok Sebaya), dan lain lain.

 

(Gb. 2). Pelaksanaan Kegiatan Lomba Balita Sehat.

 

    Jumlah posyandu di wilayah kerja Puskesmas Jurang Mangu pada tahun 2016 sebanyak 45 posyandu, terdiri dari 17 posyandu Pratama, 25 posyandu Madya, dan 4 posyandu Mandiri.

 

2. Program Kesehatan Lingkungan

a. Penggunaan Air Bersih dan Sumber Air Minum

b. Tempat Umum dan Pengolahan Makanan (TUPM)

3. Program KIA-KB

a. Pemeriksaan Ibu Hamil

b. Persalinan oleh Tenaga Kesehatan (Linakes)

4. Program Perbaikan Gizi

a. Pemantauan Pertumbuhan Balita di Posyandu

b. Penanganan Gizi Buruk

 

(Gb. 3). Pelaksanaan Kegiatan Kelas Ibu Hamil bekerja sama dengan RS. Cinta Kasih.

 

    Secara umum dapat disampaikan bahwa pencapaian upaya kesehatan belum mencapai hasil yang terbaik. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya adalah lokasi puskesmas yang kurang strategis juga jumlah tenaga kesehatan yang belum mencukupi. Oleh karena itu Puskesmas masih terus berusaha meningkatkan Kualitas Pelayanan yang juga membutuhkan partisipasi masyarakat itu sendiri dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat, baik kegiatan preventif, kuratif dan rehabilitatif.