Hot News

Puskesmas Serpong 2

Alamat Puskesmas  :  Jl. Cendana 2 Kavling Serpong RT. 05/ 04 Kec. Serpong Kota Tangerang Selatan  Telp. 75879298

    Pembangunan kesehatan merupakan bagian terpadu dari pembangunan nasional, yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ditunjang dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, yaitu sehat secara fisik, mental, dan sosial serta beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Gambaran Umum

    Wilayah kerja Puskesmas Serpong 2 terdiri dari 3 wilayah Kelurahan, yaitu Kelurahan Lengkong Gudang Barat, Kelurahan Lengkong Gudang Timur dan Kelurahan Lengkong Wetan. 

Adapun batas wilayah Kecamatan Serpong yaitu  :

  • Utara      :  Kecamatan Serpong Utara.
  • Selatan   :  Kecamatan Setu.
  • Barat      :  Kecamatan Cisauk
  • Timur      :  Kecamatan Pamulang

Kegiatan Pokok, Diantaranya :

1. Promosi Kesehatan

Kegiatan :

    Berbagai upaya untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat serta meningkatnya klasifikasi IV PHBS di setiap tatanan telah dilakukan melalui mendorong terbentuknnya upaya kesehatan bersumber masyarakat berupa desa siaga; pelaksanaan pelatihan SBH anggota baru dan lama; penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat pada rumah tangga, institusi pendidikan (sekolah), institusi sarana kesehatan, institusi tempat-tempat umum, institusi tempat kerja; penyuluhan demam berdarah; penyuluhan napza; lomba cerdas cermat kader; lomba Posyandu; dan pembinaan kader untuk lomba cerdas cermat tingkat kabupaten; serta mendorong agar bayi mendapatkan ASI eksklusif.

  

(Gb 1). Kegiatan Posyandu Kelurahan Serpong dan Kelurahan Buaran.

2. Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat

Kegiatan  : 

    Pemberian kapsul vitamin A (dosis 200.000 SI) pada balita 2 kali/ tahun, pemberian tablet besi (90 tablet) pada ibu hamil, pemberian PMT pemulihan balita gizi buruk pada gakin, balita naik berat badannya.

 

Program Pengembangan Wajib, diantaranya  :

1. Program Lansia

Kegiatan :

Pembinaan kelompok usia lanjut sesuai standar dan pemantauan kesehatan pada anggota kelompok usia lanjut yang dibina sesuai standar.

(Gb. 2). Salah satu Kegiatan Prolanis, Penyuluhan Kesehatan kepada kelompok Masyarakat Usia Lanjut.  

2. Program UKS/UKGS

Kegiatan :

     Penjaringan kesehatan untuk murid kelas I (SD/MI), setiap tahun ajaran baru dilaksanakan penjaringan kesehatan dengan tujuan untuk menentukan kelainan secara dini pada anak sekolah, kegiatannya adalah : pemeriksaan jasmani oleh guru olah raga, pemeriksaan fisik oleh guru umum, pemeriksaan mulut dan gigi oleh Dokter Gigi / Perawat Gigi, pemeriksaan penglihatan dan pendengaran oleh Paramedik.

(Gb. 3). Kegiatan penjaringan kesehatan untuk TK dan SD wilayah Puskesmas Serpong 2.

 

 Demikianlah sebagian kinerja pembangunan kesehatan Puskesmas Serpong 2 dalam mencapai visi Terwujudnya masyarakat sehat dan mandiri di wilayah kerja Puskesmas Serpong 2 melalui pelayanan prima bermutu dan terjangkau oleh masyarakat”.