Hot News

Puskesmas Rawa Buntu

 Alamat Puskesmas  :  Jl. Rawa Buntu RT. 03/ 02 Kel. Rawa Buntu Kec. Serpong Kota Tangerang Selatan,  Telp. 44220900

 

    Pembangunan Kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan Nasional karena menyentuh hampir di semua aspek kehidupan. Pembangunan sangat terkait dan dipengarui oleh aspek demografi/kependudukan, keadaan dan pertumbuhan ekonomi perkembangan lingkungan fisik dan biologic. Keberhasilan pembangunan kesehatan dapat dilihat dari beberapa indikator yang digunakan untuk memantau perkembangan derajat kesehatan seperti angka kesakitan serta kematian ibu dan bayi.

Gambaran Umum

    Puskesmas Rawa Buntu merupakan satu dari tiga puskesmas yang ada di Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan yang mempunyai luas wliayah kerja 1.639.8 km2 terdiri dari 4 Kelurahan Binaan yaitu : Kelurahan Rawabuntu, Kelurahan Buaran, Kelurahan Ciater dan Kelurahan. Lokasi Puskesmas Rawa Buntu berada Jalan Rawa Buntu Raya Samping kelurahan Rawa Buntu Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan.

 

Batas Puskesmas Rawa Buntu sebagai berikut  :

  1. Sebelah utara berbatasan dengan wilayah kerja puskesmas Serpong
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan wilaya kerja Puskesmas Setu
  3. Sebelah timur berbatasan dengan wilayah kerja Puskesmas Pondok Benda.
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan wilayah kerja puskesmas Serpong 1.

 

Upaya pelayanan kesehatan dasar merupakan langkah awal yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Dengan pemberian pelayanan kesehatan dasar secara cepat dan tepat, diharapkan sebagian besar masalah kesehatan masyarakat sudah dapat diatasi. Berbagai pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut :

 

a. Pelayanan Kesehatan Anak Pra Sekolah, Usia Sekolah dan Remaja

 

    Pelayanan kesehatan pada kelompok anak pra–sekolah, usia sekolah dan remaja dilakukan dengan pelaksanaan pemantauan dini terhadap tumbuh kembang dan pemantauan kesehatan anak pra sekolah, pemeriksaan anak sekolah dasar/sederajat, serta pelayanan kesehatan pada remaja, baik yang dilakukan oleh tenaga kesehatan maupun peran serta tenaga terlatih lainnya seperti kader kesehatan, guru UKS dan dokter kecil.

 

    

 

 

 

b. Pelayanan Imunisasi 

 

    Pencapaian Universal Child Immunization pada dasarnya merupakan suatu gambaran terhadap cakupan sasaran bayi yang telah mendapat imunisasi secara lengkap. Bila cakupan UCI dikaitkan dengan batasan wilayah tertentu, berarti dalam wilayah tersebut dapat digambarkan besarnya tingkat kekebalan masyarakat terhadap penularan PD3I. Berdasarkan data yang terkumpul, bahwa pada tahun 2016 berdasarkan jumlah sasaran proyeksi tidak ada kelurahan yang masuk kategori kelurahan UCI.