Hot News

Puskesmas Pondok Ranji

 

Alamat Puskesmas  :  Jl. Beruang 2  RT. 02/ 02  Kel. Pondok Ranji  Kec. Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan,  Telp. 7343398

    Puskesmas sebagai organisasi atau lembaga milik Pemerintah berperan sebagai ujung tombak terdepan dalam melaksanakan pembangunan bidang kesehatan.

    Dalam proses pencapaian tujuan yang diinginkan, Puskesmas harus melaksanakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian (evaluasi) dengan sebaik-baiknya karena hanya dengan cara tersebut suatu organisasi akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Gambaran Umum

    Puskesmas Pondok Ranji adalah Puskesmas yang ada di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, yang terletak disebelah tenggara Tangerang, dengan luas wilayah: 2.4 km², dengan sebagian besar tanah darat dan sisanya rawa. Adapun letak Puskesmas Pondok Ranji berada dengan batas-batas wilayah sebagai berikut  : 

  • Utara      :  Kelurahan Jurang Mangu Barat, Kelurahan Jurang Mangu Timur, Pondok Karya
  • Selatan   :  Kelurahan Cempaka Putih
  • Barat      :  Kelurahan Sawah Lama
  • Timur      :  Kelurahan Rengas

 Wilayah kerja Puskesmas Pondok Ranji terdiri dari 1 kelurahan yaitu :  Pondok Ranji terdapat 15 Rw dan 76 Rt.

 

UPAYA KESEHATAN WAJIB

    Upaya kesehatan wajib puskesmas adalah upaya yang di tetapkan berdasarkan komitmen nasional, regional dan global serta yang mempunyai daya ungkit tinggi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Upaya kesehatan wajib di Puskesmas Pondok Ranji  yaitu  :

PROMOSI KESEHATAN

a. Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

  • Rumah Tangga
  • Institusi Pendidikan (Sekolah)
  • Institusi Tempat-Tempat Umum
  • Institusi Tempat kerja

    Meliputi penyuluhan, penyuluhan PHBS oleh kader dan karang taruna, pemetaan PHBS tatanan rumah tangga, sekolah dan TTU (Mesjid) dan pembinaan. Diantara beberapa indikator PHBS yang cukup rendah pencapaiannya yaitu indikator merokok di dalam rumah, hal ini disebabkan masih kurangnya pengetahuan tentang bahaya merokok dan faktor kebiasaan. 

b. Program Gizi

Pencapaian ASI Ekslusif pada tahun 2016 mencapai 70 % masih jauh dibawah target. Dalam upaya meningkatkan cakupan program ASI Ekslusif, kegiatan yang dilaksanakan antara lain :

  • Pelaksanaan program IMD
  • Digalakan perawatan payudara pada ibu hamil dengan usia kehamilan 7 bulan ke atas.
  • Penyuluhan tentang manfaat ASI Ekslusif.

 

PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK TERMASUK KELUARGA BERENCANA (KIA-KB)

       Yang dilaksanakan di Puskesmas Pondok Ranji  :

       a. Kesehatan Ibu

Pelayanan kesehatan bagi ibu hamil

     Pada program ANC meliputi kegiatan penyuluhan tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan, pentingnya pemberian imunisasi TT, pentingnya mengkonsumsi tablet Fe selama hamil, pendataan bumil setiap bulan, menganjurkan ibu hamil untuk diperiksa oleh tenaga kesehatan, penyuluhan tentang pentingnya persiapan persalinan dan pencegahan komplikasi, pentingnya pemeriksaan bumil, rujukan, perawatan payudara, PHN, sosialisasi buku KIA, penyuluhan dan kelas ibu hamil.

(Gb. 1). Kegiatan senam ibu hamil di Upt Puskesmas Pondok Ranji bekerjasama dengan RSIA CINTA KASIH. 

b. Kesehatan Balita dan Anak Pra Sekolah

Pelayanan Deteksi dan Stimulasi Dini Tumbuh Kembang (DIDTK) Balita

Untuk kegiatan MTBS ( Manajemen Terpadu Balita Sakit ) meliputi kegiatan pemeriksaan kesehatan umum, pemantauan gizi balita dan status gizi balita, penilaian status imunisasi balita, penilaian Tumbuh Kembang balita.

 

 

(Gb.2). Kegiatan Kelas balita sehat dan Posbindu ceri.

UPAYA KESEHATAN PENGEMBANGAN

Upaya kesehatan pengembangan puskesmas adalah upaya yang ditetapkan berdasarkan permasalahan kesehatan ditemukan di masyarakat serta disesuaikan dengan kemampuan puskesmas.

Upaya kesehatan Pengembangan Puskesmas Pondok Ranji yaitu  : 

Kegiatan Puskesmas dalam Upaya Kesehatan Lanjut Usia antara lain :

  • Pemeriksaan, pengobatan, rujukan dan penyuluhan.
  • Pelatihan kader.
  • Senam lansia diadakan 1 kali dalam seminggu yaitu hari Sabtu. 

  

(Gb.3). Kegiatan Prolanis dan senam Lansia di UPT Puskesmas Pondok Ranji.

 USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) & KESEHATAN REMAJA

  1. Program Penjaringan Anak Sekolah
  2. Pembinaan  & Lomba Sekolah Sehat
  3. Pelatihan Dokter Kecil & Guru UKS
  4. Pemeriksaan Hb dan pemberian Fe pada murid SD kelas 6
  5. Kesehatan Remaja : pembinaan dan pembentukan PKPR di SMA 4 Tangsel dan SMK Farmasi serta mengikuti lomba PKPR tingkat Kota Tangerang Selatan
  6. Program BIAS

 Cakupan siswa yang diperiksa dari tahun 2016 mencapai 100%, hal ini dikarenakan berbagai upaya yang telah dilakukan meliputi kegiatan  :

  • Penjaringan kesehatan anak sekolah yang lebih optimal.
  • Adanya sekolah-sekolah binaan.
  • Pemberdayaan dokcil dan kader kesehatan remaja yang telah dilatih dan Pelatihan guru UKS

    Keberhasilan yang di raih Puskesmas Pondok Ranji pada tahun 2016 yaitu Juara 1 pada lomba balita sehat usia 6-23 bulan  dan  Juara 1 lomba balita sehat usia 24-60 bulan yang diselenggarakan oleh Kota Tangerang Selatan.

    Beberapa program dan kegiatan yang dipaparkan diatas adalah sebagian program yang dijalankan oleh puskesmas, kami menyadari sepenuhnya masih adanya keterbatasan maupun keunggulan tertentu di masing-masing unit pelayanan tapi kami tetap berusaha  untuk meningkatkan dan memberikan kualitas pelayanan terbaik ke masyarakat agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kita semua.