Hot News

Puskesmas Rengas

   Alamat Puskesmas  :  Jl. Kenari Raya IV Bintaro Sektor 2 Kel. Rengas Kec. Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan,  Telp. 7350190

    Puskesmas sebagai organisasi atau lembaga milik pemerintah, berperan sebagai ujung tombak terdepan dalam melaksanakan pembangunan dibidang kesehatan. Dalam menjalankan fungsinya, Puskesmas harus menerapkan fungsi manajemen dengan sebaik-baiknya karena dalam organisasi Puskesmas terdapat sumber-sumber daya, program, sarana, dan prasarana yang sangat kompleks, yang jika tidak diberdaya-gunakan dengan baik, akan menimbulkan banyak permasalahan yang dapat mengganggu proses dalam mencapai tujuan. Proses pencapaian tujuan yang diinginkan Puskesmas harus melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian (evaluasi) , dengan demikian suatu organisasi akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Gambaran Umum 

Puskesmas Rengas merupakan Puskesmas yang terletak paling utara dari kota tangerang selatan. Lokasinya bertempat di Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan, dengan Batas Wilayah :

Utara      :   berbatasan dengan DKI Jakarta

Barat       :   berbatasan dengan Kelurahan Pondok Ranji dan Kelurahan Pondok Betung 

Selatan   :   berbatasan dengan DKI Jakarta

Timur      :   berbatasan dengan Kelurahan Rempoa dan DKI Jakarta  

 

 Upaya Kesehatan Wajib

1. Promosi Kesehatan

  • Penyebaran informasi kesehatan melalui Penyuluhan kelompok seperti di posyandu, rapat koordinasi tingkat kelurahan atau kecamatan, maupun dalam bentuk pelatihan terhadap kader kesehatan posyandu maupun sekolah-sekolah.
  • Pengembangan perilaku hidup bersi dan sehat (PHBS) dibeberapa tatanan seperti rumah tangga, tempat-tempat umum, institusi pendidikan dan sarana kesehatan. Keberhasilan promosi kesehatan ditandai dengan adanya: perubahan prilaku individu/ keluarga, berkembangnya kelompok-kelompok yang peduli kesehatan dan terbentuknya berbagai upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM). 

   

  (Gb.1) Kegiatan Timbang Badan Balita di Pos yandu Wortel 2.

2. Kesehatan Ibu dan Anak, Termasuk Keluarga Berencana

    Pelayanan kesehatan ibu dan anak juga melayani imunisasi serta pemantauan tumbuh kembang anak termasuk kunjungan kesekolah taman kanak-kanak di wilayah Rengas, sekaligus dilakukan deteksi dini penyakit.

    Melalui pemeriksaan Ibu Hamil maka akan diketahui Ibu Hamil dengan resiko tinggi yang dibeberapa kasus memerlukan pelayanan kesehatan rujukan untuk mendapatkan pelayanan khusus. Bayi hingga usia kurang dari satu bulan merupakan golongan yang paling beresiko kesehatan paling tinggi. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko antara lain dengan melakukan pertolongan  persalinan oleh tenaga kesehatan dan pelayanan kesehatan pada neonatus (0-280 hari) minimal dua kali satu kali pada umur 0-7 hari dan satu kali pada umur 8-28 hari.

    Beberapa cara kontrasepsi dalam Keluarga Berencana yang kita kenal adalah Pantang Berkala atau yang dikenal dengan sistem kalender, IUD, implant, suntikan, kondom, pil dan alat kontrasepsi mantap.

 

Upaya Kesehatan Pengembangan Wajib

1. UKS/UKGS

     Salah satu program pengembangan wajib untuk Puskesmas adalah USaha Kesehatan Sekolah atau UKS dan UKGS, yaitu salah satu usaha preventif melalui sekolah yang ada di wilayah Rengas.

2. Penjaringan Kesehatan

    Penjaringan kesehatan dilaksanakan setiap 6 bulan sekali, untuk SD kelas 1 baru, dengan hasil sebagai berikut dari 165 siswa terdapat ; Telinga Kotor : 154 siswa, Rabun Jauh : 4 siswa, Karies : 426 siswa.

    

    (Gb.2). Kegiatan Penjaringan Kesehatan di TK. Tadika Puri, Bintaro.

    Usaha Kesehatan Gigi Masyarakat di Desa adalah termasuk program pengembangan pilihan di Rengas karena melalui UKGMD diharapkan pencegahan penyakit terutama kesehatan gigi dan mulut di wilayah Rengas dapat berjalan dengan baik, selain melatih kader untuk kegiatan UKGMD juga dilakukan penyuluhan maupun deteksi dini kesehatan gigi dan mulut melalui kegiatan POSYANDU ataupun POSBINDU. Rengas mempunyai POSYANDU sebanyak 17 Posyandu serta 10 POSBINDU.

(Gb. 3). Edukasi atau memberikan pengetahuan kepada anak-anak cara-cara sikat gigi yang baik dan benar di puskesmas.

Pencapaian Program Kesehatan

1. Pelayanan Kesehatan

    Pelaksanaan imunisasi dilakukan di dalam gedung Puskesmas Rengas dan di luar gedung Puskesmas melalui POSYANDU. PD3I adalah macam-macam penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Upaya pencegahan dilakukan dengan pemberian imunisasi. Vaksin yang dipakai adalah DPT – HB untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, dan Hepatitis B. sdangkan vaksin Polio untuk mencegah penyakit Polio/ Lumpuh Layu. Vaksin Campak digunakan untuk mencegah penyakit Campak (Measles) dan BCG untuk mencegah penyakit TBC.

(Gb. 4). Kegiatan Imunisasi Program ORI ( Outbreak Response Immunization ).

 

2. Pelayanan Kesehatan Ibu

a. Persalinan Oleh Tenaga Kesehatan (LINAKES)

    Komplikasi dan kematian ibu maternal dan bayi baru lahir sebagian besar terjadi pada masa persalinan, hal ini antara lain disebabkan karena pertolongan tidak dilakukan oleh tenaga kesehatan yang kompeten.

b. Ibu Hamil Resiko Tinggi Yang Dirujuk

    Beberapa kriteria dari ibu hamil dengan Risiko Tinggi (RisTi) antara lain, ibu dengan tinggi badan kurang dari 145 cm, umur Ibu kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun, jumlah anak lebih dari 4 orang, jarak kelahiran anak kurang dari 2 tahun, adanya kesulitan pada kehamilan atau persalinan yang lalu, sering terjadi keguguran sebelumnya, kehamilan dengan penyakit (Hipertensi, Diabetes, Tiroid, Jantung, Paru, Ginjal, dan penyakit sistemik lainnya), dll.

Kasus-kasus yang memerlukan pelayanan kesehatan rujukan terhadap ibu hamil RISTI di wilayah kerja Puskesmas Rengas terdapat 131 kasus dan semua tertangani dengan baik (100%).

c. Pelayanan Pengobatan

    Pelayanan pengobatan di dalam gedung Puskesmas Rengas terbagi menjadi balai pengobatan umum untuk dewasa, dan balai pengobatan anak untuk bayi, balita, dan anak di atas 5 tahun hingga 14 tahun. Terdapat dua kriteria pengobatan di Puskesmas Rengas, yaitu pengobatan terhadap pasien rawat jalan  yang dilakukan pada pasien dengan sakit ringan hingga sedang yang tidak memerlukan perawatan intensif, dan pengobatan terhadap pasien rawat inap untuk pasien-pasien dengan sakit sedang hingga berat yang membutuhkan perawatan intensif dengan kondisi yang masih mungkin untuk di rawat dalam lingkup Puskesmas.

 

    Dalam rangka meningkatkan mutu profil puskesmas Rengas yang kami akui masih banyak kekurangan di berbagai aspek, kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun serta partisipasi dari semua pihak.

Juga kepada semua pihak yang telah menyumbangkan pemikiran dan tenaganya, kami ucapkan terima kasih.