Hot News

Puskesmas Pisangan

 

    Salah satu bentuk fasilitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah Puskesmas. Fasilitas pelayanan kesehatan ini merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat dalam membina peran serta masyarakat juga memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat.

 

Gambaran Umum

    Puskesmas Pisangan meliputi 2 wilayah kelurahan yang termasuk dalam wilayah kerja puskesmas Pisangan yaitu Kelurahan Pisangan dan Kelurahan Cirendeu.

    a.    Kelurahan Pisangan

Wilayah Kelurahan Pisangan berada di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, dan mempunyai luas wilayah 4,67 km2, dengan batas wilayah sebagai berikut :

-          Sebelah Utara                   :  Kelurahan Cirendeu

-          Sebelah Barat                    :  Kelurahan Cipayung

-          Sebelah Selatan                :  Kelurahan Pondok Cabe Ilir

-          Sebelah Timur                   :  DKI Jakarta dan Cinere Depok

     b.    Kelurahan Cirendeu

Wilayah Kelurahan Cirendeu berada di Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, dan mempunyai luas wilayah 3,30 km2, dengan batas wilayah sebagai berikut :

-          Sebelah Utara                   :  Kelurahan Rempoa

-          Sebelah Barat                    :  Kelurahan Cempaka Putih

-          Sebelah Selatan                :  Kelurahan Pisangan

-          Sebelah Timur                   :  DKI Jakarta

 

Program Kesehatan

PROGRAM ESSENSIAL / UKM ESENSIAL

    UKM esensial merupakan upaya kesehatan masyarakat yang telah ditentukan program dan cakupannya di seluruh puskesmas di Indonesia. Upaya-upaya ini ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat pada 5 aspek mendasar dari kesehatan yang saling berkaitan satu dengan yang lain, yaitu Kesehatan Ibu, Anak dan KB; Gizi; Pencegahan dan Pengendalian penyakit; Kesehatan Lingkungan; dan Promosi Kesehatan. Bagian dari upaya bersama antara UKP dan UKM bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan di rumah, Puskesmas Pisangan menyediakan fasilitas Perawatan Kesehatan Masyarakat.

1.  Pelayanan Promosi Kesehatan

    Promosi perilaku hidup bersih dan sehat merupakan kunci dari upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terdiri dari 10 indikator, yaitu : Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi bayi ASI eksklusif, Menimbang balita setiap bulan di Posyandu, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan sabun, Penggunaan jamban sehat, Pemberantasan jentik nyamuk, Mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari, Melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan Tidak merokok. Kegiatan lain dari upaya promosi kesehatan adalah pembinaan dan pendampingan posyandu.

 

2.  Pelayanan kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana

    Kesehatan Ibu dan Anak adalah upaya kesehatan primer yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan kesehatan ibu dalam menjalankan fungsi reproduksi yang berkualitas serta upaya kelangsungan hidup, pengembangan dan perlindungan bayi, anak di bawah lima tahun dan anak usia prasekolah dalam proses tumbuh kembang. Prioritas pelayanan KIA dewasa ini adalah meningkatkan derajat anak dan ibu dalam rangka menurunkan angka kematian ibu dan anak. Bentuk-bentuk kegiatan dari upaya kesehatan ini adalah penyuluhan KB, kunjungan rumah pada ibu pasca salin dengan risiko.

*    PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) bidang KIA dan KB dilakukan dan telah di aplikasikan dalam kegiatan Puskesmas, antara lain  :

-         Melakukan pemeriksaan kehamilan

-         Menganjurkan persalinan di tolong oleh tenaga kesehatan

-         Melakukan penimbangan balita setiap bulan

-         Melaksanakan imunisasi lengkap pada bayi

-         Melaksanakan kegiatan Keluarga Berencana

   

3.  Pelayanan gizi

Adalah kegiatan mengupayakan peningkatan status gizi masyarakat dengan pengelolaan terkoordinasi dari berbagai profesi kesehatan serta dukungan peran serta aktif masyarakat.

 *  PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) bidang gizi dilakukan dan di sampaikan kepada masyarakat seperti  :

-         Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

-         Memberikan tablet Fe besi selama hamil

-         Menganjurkan ASI eksklusif

-         Pemberian Vitamin A kepada bayi dan balita

-         Pojok Gizi dan Konsultasi Gizi

 

PROGRAM PENGEMBANGAN

    Program Pengembangan pelayanan kesehatan Puskesmas adalah beberapa  upaya kesehatan  pengembangan yang ditetapkan Puskesmas dan Dinas Kesehatan kabupaten/kota sesuai dengan permasalahan, kebutuhan dan kemampuan puskesmas. Dalam struktur organisasi puskesmas program pengembangan ini biasa disebut Program spesifik lokal.

1. Perawatan Kesehatan Masyarakat 

    Perkesmas adalah program pelayanan penanganan kasus tertentu melalui kunjungan Puskesmas akan ditindak lanjuti atau dikunjungi ketempat tinggalnya untuk dilakukan asuhan  keperawatan individu dan asuhan keperawatan keluarganya.  Misalnya kasus gizi kurang/ buruk pada penderita ISPA/Pneumonia, Penyakit Kronis, Penyakit Menular atau tidak menular, lebih dikhususkan kepada masyarakat yang sudah tidak bisa datang sendiri ke Puskesmas.

2. Kesehatan haji  

    Kesehatan Haji adalah program pelayanan kesehatan untuk calon dan jemaah haji yang meliputi pemeriksaan kesehatan, pembinaan kebugaran dan pemantauan kesehatan jemaah yang kembali (pulang) dari ibadah haji.

  Sebagian program yang kami paparkan diatas telah kami laksanakan, tetapi dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di puskesmas Pisangan kami menyadari masih ada program yang belum mencapai target. Semoga dapat kami tingkatkan pada tahun-tahun berikutnya.

    Kami sampaikan terimakasih kepada partisipasi seluruh staff Puskesmas dan masyarakat dalam rangka keberhasilan pelaksanaan kegiatan program Puskesmas Pisangan.