Hot News

Puskesmas Ciputat Timur

 

Puskesmas merupakan Garda terdepan unit pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat. 

Gambaran Umum

Puskesmas Ciputat Timur merupakan salah satu dari 4 Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Ciputat Timur. Letaknya berbatasan dengan  :

  • Sebelah Utara             :  DKI Jakarta
  • Sebelah Selatan          :  Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat
  • Sebelah Barat              :  Wilayah Kerja Puskesmas Rengas dan DKI Jakarta
  • Sebelah Timur             :  Wilayah Kerja Puskesmas Pisangan

Puskesmas Ciputat Timur terletak ±8 km sebelah Utara Kota Tangerang Selatan. Luas wilayah Kecamatan Ciputat Timur dengan sebagian besar berupa tanah darat/ kering (93,64%), sisanya adalah tanah rawa/ danau.

Puskesmas Ciputat Timur terletak di Jalan Rempoa No.1 Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan Propinsi Banten. Dibangun  di atas tanah seluas 600 M2 dengan luas bangunan lebih kurang 1000 m2.

Wilayah kerja Puskesmas Ciputat Timur terdiri dari 2 kelurahan yaitu Kelurahan Rempoa dan Kelurahan Cempaka Putih.

Puskesmas Ciputat Timur memberikan pelayanan setiap hari untuk masyarakat baik libur bersama dan tanggal merah karena merupakan Puskesmas Perawatan.

    Selain sarana pelayanan kesehatan Puskesmas, di wilayah kerja Puskesmas Ciputat Timur juga terdapat pelayanan kesehatan swasta dan UKBM yang saling bekerjasama dalam menunjang pembangunan kesehatan. Dengan adanya kerjasama lintas sektoral ini, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan penduduk di Ciputat Timur pada khususnya dan Kota Tangerang Selatan pada umumnya.

Program Kegiatan Pokok

1. Promosi Kesehatan

    Upaya pencapaian Program Promosi Kesehatan dilaksanakan dengan berbagai kegiatan penyebaran informasi pengetahuan kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di masyarakat yang bertujuan mewujudkan keluarga dan lingkungan sehat yang mandiri dan berkesinambungan. Dari 13.807 jumlah rumah tangga yang dipantau di 2 kelurahan, yaitu Rempoa dan Cempaka Putih terdapat 13.807 rumah yang telah melakukan PHBS.

     Upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) dilaksanakan dengan berbagai kegiatan berupa poskesdes, polindes dan posbindu. Di wilayah kerja Puskesmas Ciputat Timur belum terdapat poskesdes dan polindes. Terdapat 4 posbindu di kelurahan Rempoa dan 4 posbindu di kelurahan Cempaka Putih.

2. Perbaikan Gizi

    Perbaikan gizi dilakukan dengan cara meningkatkan pemantauan pertumbuhan balita dengan pelayanan gizi. Indikator keberhasilan pencapaian program perbaikan gizi dapat dilihat dari pelayanan penimbangan status gizi bayi dan balita, penanggulangan KEP, anemia gizi, GAKY dan kurang vitamin A serta adanya data status gizi balita.

 

 

 3. Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit

   Penyakit yang mendominasi di wilayah kerja Puskesmas Ciputat Timur adalah penyakit menular. Dalam rangka penanggulangan penyakit menular dilakukan berbagai kegiatan antara lain pemberantasan penyakit menular bersumber binatang seperti pemberantasan demam berdarah dengue melalui pemberantasan sarang nyamuk; Filariasis dan penyakit lainnya; penyakit menular langsung seperti TB, yaitu gerakan penanggulangan tuberkulosis melalui penggalangan kemitraan dengan sektor terkait dan masyarakat dan penerapan strategi pengobatan jangka pendek diawasi secara langsung; pemberantasan kusta dengan mencari penderita sampai pelosok wilayah dan penyakit lainnya; selain itu juga pemberantasan penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi.

Pelaksanaan Imunisasi terhadap bayi selama tahun 2016 di dua Kelurahan Binaan, baik yang melalui Posyandu, Yankes Swasta dan Puskesmas dan seluruh jenis imunisasinya sudah mencapai target, yaitu HB < 7 hari 100%; BCG 90,50%; DPT-HB3 90,78%; Polio 4 90,78%; dan Campak 89,93%.

 

 

Dari 43 Posyandu yang terdapat di kecamatan Ciputat Timur, terdapat 7 Posyandu mandiri dan 36 Posyandu Purnama. Peningkatan strata posyandu diwujudkan dengan program penunjang kegiatan posyandu lainnya seperti pencegahan dan penanggulangan penyakit ISPA & Diare, kegiatan jumantik, tanaman obat keluarga dan pembuatan komposter.

 

 

Program Pengembangan Wajib

1. Program Lansia dan Remaja

     Pelayanan remaja pada tahun 2016 mencakup pengukuran tekanan darah penduduk usia  lebih dari 18 tahun dan pemeriksaan obesitas pada penduduk berusia lebih dari 15 tahun.

    Pelayanan kesehatan salah satunya ditujukan terhadap kelompok usia lanjut, dimana pada kelompok ini biasanya banyak mengalami gangguan kesehatan degeneratif dan fungsi tubuh lainnya. Dalam upaya meningkatkan status kesehatan usia lanjut, telah dilaksanakan kegiatan program pelayanan kesehatan usia lanjut. Program Kesehatan Usia Lanjut juga telah diupayakan melalui kegiatan penjaringan usia lanjut di Posbindu.

2. Program UKS/UKGS

    Selama tahun 2016 dari 5.010 siswa SD/ MI di wilayah Puskesmas Ciputat Timur sebanyak 866 siswa (17,3%) diperiksa kesehatan gigi dan mulut. Jumlah yang perlu mendapat perawatan sebanyak 255 siswa sedangkan yang telah mendapat perawatan di Puskesmas Ciputat Timur hanya sebanyak 214 (83,9%). Hal ini dapat dikarenakan kurangnya kesadaran dan keaktifan orang tua untuk membawa anaknya memeriksakan kesehatan gigi di Puskesmas.

    Program-program kegiatan yang ditampilkan diatas adalah sebagian program yang dimiliki oleh puskesmas Ciputat Timur, kami tetap mengharapkan saran-saran yang positif dari masyarakat agar dapat mencapai target pemerintah dalam upaya lebih meningkatkan kesehatan di seluruh lapisan masyarakat.