Hot News

Puskesmas Kp. Sawah

  

    Puskesmas adalah sarana pelayanan kesehatan dasar yang amat penting di Indonesia. Puskesmas merupakan pusat pengembangan, pembinaan, dan pelayanan kesehatan masyarakat yang juga merupakan pos terdepan dalam pembangunan kesehatan masyarakat dimana berfungsi melaksanakan tugas teknis dan administratif. Dimana Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat diwilayah kerjanya secara menyeluruh dan terpadu.

Puskesmas Kampung Sawah mempunyai luas wilayah sebesar 261 Ha dengan jumlah penduduk  27.943 jiwa.

    Dalam wilayah kerja Puskesmas Kampung Sawah terdapat satu kelurahan yaitu Kelurahan Sawah Lama yang terbagi menjadi 54 Rt dan 12 Rw. Dengan sekian banyaknya jumlah penduduk yang menyebabkan beberapa permasalahan dan tantangan harus dihadapi maka masalah kesehatan selain ditentukan oleh perilaku manusia itu sendiri, juga dapat dipengaruhi oleh masalah ekonomi, pencemaran lingkungan bahkan keamanan.

    Faktor lingkungan mempunyai peran yang sangat besar dalam proses timbulnya gangguan kesehatan baik individual maupun masyarakat umum. Upaya pembinaan kesehatan lingkungan dan sanitasi dasar pada prinsipnya dimaksudkan untuk memperkecil atau meniadakan faktor resiko terjadinya penyakit atau gangguan kesehatan akibat dari lingkungan yang kurang sehat. Bentuk upaya yang dilakukan dalam peningkatan kualitas lingkungan antara lain melakukan pembinaan kesehatan lingkungan pada masyarakat dan institusi, serta tempat – tempat umum. 

 (Gb 1). Kegiatan Penyuluhan dan Pembinaan Sanitasi Dasar di wilayah Kel. Kp. Sawah. 

Luas kecamatan Ciputat yang mempunyai 7 kelurahan dan luas wilayah 19.277 km 2. Sedangkan dalam satu wilayah kecamatan Ciputat terdapat 5 wilayah kerja puskesmas diantaranya :

  1. Puskesmas Kampung Sawah
  2. Puskesmas Ciputat
  3. Puskesmas Jombang
  4. Puskesmas Situ Gintung/ Serua
  5. Puskesmas Sawah Baru

Batas wilayah kerja puskesmas Kampung Sawah  :

  1. Sebelah utara    : Pondok Jaya
  2. Sebelah selatan : Serua Indah / Kedaung
  3. Sebelah barat    : Sawah Baru
  4. Sebelah Timur   : Pondok Ranji / Cempaka Putih   

 

  •    PENCEGAHAN DAN  PENANGGULANGAN PENYAKIT

    Upaya pemberantasan penyakit menular lebih ditekankan pada pelaksanaan surveilans dengan upaya penemuan penderita secara dini yang ditindak lanjuti dengan penanganan secara cepat melalui pengobatan pada penderita. Disamping itu pelayanan lain yang diberikan adalah upaya pencegahan, upaya pengurangan faktor resiko melalui kegiatan untuk meningkatkan kualitas lingkungan serta peningkatan peran serta masyarakat dalam upaya pemberantasan penyakit menular yang dilaksanakan melalui berbagai kegiatan.

(Gb. 2). Kegiatan PIS-PK di wilayah RW. 01 kelurahan Kampung Sawah.

  •   Pengendalian penyakit DBD

    Upaya pemberantasan penyakit DBD dititik beratkan pada kegiatan pemeriksaan jentik berkala serta penggerakan pada masyarakat untuk berperan dalam pemberantasan sarang nyamuk dengan gerakan 3M plus (Menguras, Menutup, dan Mengubur) plus menaburkan Larvasida, atau menggunakan lotion anti nyamuk serta kegiatan lain yang mencegah atau memberantas nyamuk Aedes Aigypti berkembang biak. Akan tetapi kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) selalu ada. Berikut kasus penyakit demam berdarah dengue tahun 2016  :

   

 

    Berdasarkan grafik di atas jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yaitu sebanyak 12 orang dan kasus yang meninggal dunia akibat penyakit ini sebanyak 1 orang. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan menjadi salah satu penyebab kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

  •   KUNJUNGAN RAWAT JALAN DAN RAWAT INAP

    Puskesmas Kampung Sawah memberikan pelayanan dan perawatan dengan fasilitas tambahan pelayanan unit gawat darurat (UGD) 24 jam. Jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas Kampung Sawah tahun 2016 mencapai 11.499 orang. Untuk jumlah pasien rawat inap tahun 2016 yang ada di Puskesmas Kampung Sawah adalah sebanyak  185 orang.

     

  1.  Tujuan Umum

Masyarakat perlu mengetahui gambaran Puskesmas Kampung Sawah secara keseluruhan baik  struktur organisasi, berbagai program yang dilaksanakan serta berbagai bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan.

        2.  Tujuan Khusus

1.  Mengetahui hasil pencapaian  setiap program kesehatan yang dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Kampung Sawah selama tahun 2016.

2. Mengetahui apakah setiap program kesehatan yang telah dilaksanakan dapat mencapai target serta indikator yang ditetapkan.

3. Sebagai bahan acuan untuk menentukan prioritas masalah yang harus dipecahkan  dan sebagai acuan untuk membuat perencanaan kerja pada tahun berikutnya

    Kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna tercapainya keberhasilan  Tujuan program  puskesmas Kampung Sawah dan Sarana kesehatan pemerintah lainnya di masa depan.