Hot News

Puskesmas Sawah baru

   

   Alamat Puskesmas  :  Jl. Palem Puri 1 Sawah Baru Ciputat Kota Tangerang Selatan 

    Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten / kota yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja (Depkes, 2011).

    Puskesmas Sawah Baru sebagai salah satu ujung tombak dalam upaya pembangunan kesehatan khususnya. Puskesmas Sawah Baru yang berada di wilayah Kecamatan Ciputat  yang membina 1 kelurahan yaitu Kelurahan Sawah Baru. Puskesmas Sawah Baru diresmikan pada tanggal 19 februari 2016 dan sudah melayani masyarakat kelurahan Sawah Baru lebih kurang 1 tahun. Dalam pelayanan terhadap masyarakat  terdapat 11 ruangan , yaitu : Poli Umum, Poli Anak,  Poli Gigi, Poli KIA/KB, Poli TB, UGD, Poli Gizi, Apotik dan Gudang Obat, Loket, Laboratorium dan Tata Usaha.

Tujuan

1. Tujuan Umum

    Tujuan dari penyusunan Profil Puskesmas Sawah Baru adalah untuk memberikan gambaran masyarakat wilayah Puskesmas Sawah Baru melalui hasil pencapaian program dan indikator kesehatan yang dilaksanakan, sehingga nantinya dapat menjadi tolak ukur atau dasar pelaksanaan kegiatan pada tahun berikutnya selain itu dapat di jadikan sebagai acuan bagi Dinas Kesehatan dalam penyusunan profil Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

 2. Tujuan Khusus

  • Tersedianya acuan mekanisme kerja pengumpulan, pengolahan, analisis untuk penyusunan profil kesehatan Kota Tangerang Selatan.
  • Tersedianya tabel-tabel yang diperlukan untuk Penyusunan Profil Puskesmas Sawah Baru untuk acuan pembuatan profil Kesehatan Kota Kota Tangerang Selatan.
  • Tersedianya penjadwalan kegiatan penyusunan Profil Kesehatan Puskesmas Sawah Baru untuk acuan pembuatan profil Kesehatan Kota Kota Tangerang Selatan.

Gambaran Umum

UPTD Puskesmas berada di Kelurahan Sawah Baru Kecamatan Ciputat  Kota Tangerang Selatan dan mempunyai  luas wilayah 298,153 Ha, dengan batas wilayah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Pondok Pucung dan Pondok Jaya.
  2. Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Jombang.
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Serua Indah
  4. Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Sawah Lama.

 

Beberapa Program Kesehatan yang sudah berjalan di Puskesmas Sawah Baru, Yaitu  :

Imunisasi 

Imunisasi bayi terdiri atas :

  1. Imunisasi BCG untuk memberi perlindungan terhadap penyakit TBC.
  2. Imunisasi DPT/HB 1 sampai 3, memberi perlindungan terhadap penyakit hepatitis, diftheri, pertusis dan tetanus.
  3. Imunisasi Polio 1 sampai Polio 4, untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit polio.
  4. Imunisasi campak, untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit campak.

Pada tahun 2016 cakupan imunisasi Puskesmas Sawah Baru terdiri dari 2.348 sasaran bayi sebagai berikut  :

  1. Cakupan imunisasi HBO mencapai 692 bayi atau 93,77  %
  2. Cakupan imunisasi BCG mencapai 682 bayi atau 92,41  %
  3. Cakupan imunisasi DPT/HB 3/Pentavalen 3 mencapai 661 bayi atau 97  %
  4. Cakupan imunisasi P0LIO 4 mencapai 669 bayi atau 98,7 %
  5. Cakupan imunisasi Campak mencapai 654 bayi atau 96,46 %

    Pencapaian ini memberi gambaran proporsi bayi yang telah mendapat perlindungan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi khususnya bagi yang telah mendapat DPT3 + HB3, Polio3, BCG dan campak. Yang berarti tingkat pengelolaan program imunisasi harus lebih ditingkatkan serta pemanfaatan pelayanan imunisasi di posyandu oleh masyarakat, hal ini sangat erat kaitannya dengan kesadaran dari ibu untuk membawa anaknya ke posyandu yang sering kali diabaikan karena faktor pekerjaan rumah tangga, faktor anak yang sakit, dll.

(Gb.1). Kegiatan Imunisasi Program ORI di TK. Maharani.

    Tingginya cakupan imunisasi tahun 2016 sebagaimana terlihat pada data tersebut di atas di sebabkan karena tingginya partisipasi masyarakat tentang pentingnya imunisasi dan tak lepas dari proaktifnya pengelola program imunisasi dan teman-teman didesa melakukan kegiatan swipping imunisasi.

Program UKGS

    Kegiatan UKGS di Puskesmas Sawah Baru adalah pemeriksaan gigi dan mulut khususnya pada anak SD/MI, pada tahun 2016 sebanyak 6 sekolah. Jumlah siswa keseluruhan adalah 371 orang, sedangkan jumlah siswa yang mendapatkan pemeriksan kesehatan adalah sebanyak 362 siswa atau sebesar 97,6 %. Dari pemeriksaan kesehatan ini didapatkan hasil 300 siswa mengalami karies pada gigi, untuk mengatasinya petugas memberikan edukasi mengenai kebersihan gigi dan memberi rujukan ke puskesmas bila perlu.

(Gb. 2). Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mulut SD Islam Al Falaah.

Program Posyandu

Persentase Posyandu & Posbindu Aktif

    Posyandu yang ada di wilayah Puskesmas Sawah Baru berjumlah 20 posyandu dan 3 posbindu tersebar pada setiap RW  yang ada. Dalam pelaksanaannya posyandu terkait dengan beberapa program Puskesmas, yaitu Program Gizi, Imunisasi, Kesehatan Ibu dan Anak, KB dan Promosi Kesehatan. Dan untuk posbindu dalam pelaksanaanya terkait dengan kesehatan masyarakat yang berusia lanjut. Sehingga dalam pengklasifikasiannya pada kriteria hasil pencapaian cakupan program tersebut berdasarkan frekuensi penimbangan bayi dan balita serta pemeriksaan kesehatan pada lansia setiap tahun.  Sampai akhir tahun 2016 tercatat jumlah kader, yakni 113 orang kader yang aktif.

(Gb. 1). Kegiatan kelas ibu hamil..

Pelayanan Perbaikan Gizi

    Penanggulangan kekurangan vitamin A (KVA) saat ini masih bertumpu pada pemberian  kapsul Vitamin A dosis tinggi. Kapsul Vitamin A biru (100.000 IU) diberikan pada bayi (6-11 bulan) satu kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari  atau Agustus, sedangkan kapsul Vitamin A merah (200.000IU) diberikan kepada anak balita (1-5 tahun) setiap bulan Februari dan Agustus, serta kepada ibu nifas paling lambat 30 hari setelah melahirkan.

    Pelaksanaan rangkaian kegiatan program di Puskesmas Sawah Baru ini dilakukan melalui perencanaan dan bimbingan dinas kesehatan kota Tangerang Selatan, sehingga pelaksanaan dan pengendalian serta pengawasannya dapat dipertanggung jawabkan. Dalam setiap keberhasilan suatu program akan lebih baik apabila adanya integrasi yang baik antar program.

Kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna tercapainya keberhasilan Program  puskesmas  di tahun selanjutnya.