• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

Kapan Anak-anak harus Mengetahui Bahaya Merokok..?

Des 19Read 216 times
Kapan Anak-anak harus Mengetahui Bahaya Merokok..?

                                                                                                                

                                                                                                                 

   Diperkirakan hampir 87 persen Perokok mulai mengenal kebiasaan buruk merokoknya sejak usia dini. Mestinya bahaya merokok ini sudah diperkenalkan kepada mereka sejak usia dini.

   Dalam sebatang rokok terdapat beberapa jenis racun kimia yang berbahaya bagi kesehatan, yang paling umum adalah racun 'Nikotin'. Dalam rokok juga mengandung racun 'Arsenik', Racun yang biasa terdapat dalam racun Tikus dan 'Amonia' Racun yang digunakan sebagai campuran zat Pembersih rumah.

   Racun-racun rokok bertanggung jawab pada sebagian besar penyakit kasus Kanker Paru, dimana Kanker Paru adalah Salah satu penyakit yang paling mematikan yang bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak dan dari Data yang ada, Pasien yang menderita penyakit ini memiliki tingkat kesembuhan yang paling rendah dibanding dengan tingkat kesembuhan penyakit lainnya, Komplikasinya juga bisa menyebabkan Stroke dan Serangan Jantung. Salah satu riset tentang dampak asap rokok yang pernah dilakukan di Eropa meneliti tentang resiko kesehatan yang dialami oleh anak – anak dengan orang tua Perokok. Riset tersebut mengemukakan fakta bahwa anak – anak dengan orang tua yang merupakan perokok aktif memiliki resiko lebih besar terkena kanker paru – paru dibandingkan dengan anak – anak dengan orang tua yang bukan merupakan perokok aktif. Contoh kasusnya adalah ; di salah satu kota di Indonesia pernah ada seorang anak yang baru berumur 1(satu) tahun yang menjadi korban, anak itu meninggal dunia akibat dampak asap rokok ayah dari si anak tersebut. Anak itu di beritakan terkena penyakit Radang Paru-paru Akut (Pneumonia). Penyebab utama adalah karena si anak tersebut sering menghisap asap rokok yang dikeluarkan ayahnya yang merupakan perokok aktif. Diberitakan pula ayah si anak selalu merokok diluar rumah, ternyata hal itu tidak menjamin akan menjauhkan anak dari dampak negatif asap rokok karena, sa'at si ayah dekat dengan anaknya dia tidak merokok, tapi Residu atau bekas asap rokok masih menempel di pakaian si ayah dan akhirnya terhirup oleh anaknya.      

   Beberapa Bahaya merokok bagi kesehatan yang dapat mematikan si penderita terutama anak-anak sebaiknya menjadi bahan pertimbangan yang cukup bagi para Perokok untuk mengambil keputusan, untuk segera Berhenti merokok dan kembali ke pola hidup Sehat dan menciptakan keluarga Bahagia..

 

                                                                                                     

HomeInfo DinkesInfo KesehatanTips KesehatanKapan Anak-anak harus Mengetahui Bahaya Merokok..? Top of Page