• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

Sumber Asupan Gizi untuk Daya Ingat

Nov 30Read 173 times
Sumber Asupan Gizi untuk Daya Ingat

 

                                                                                

 

    Ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi sumber Gizi utama dengan tema hari ini tapi yang kita bahas disini adalah jenis Asupan atau makanan yang paling mudah didapat di supermarket atau juga di minimarket maupun warung-warung yang dekat dengan lingkungan tempat tinggal kita, yang Pertama adalah Telur, murah meriah, bergizi tinggi serta mudah diolah. Dalam kuning telur terdapat zat yang bernama Kolin, sebuah zat yang dibutuhkan untuk membungkus Myelin yang biasa terdapat disekitar serabut syaraf termasuk di otak. Zat Kolin juga dapat digunakan untuk membuat Neurotransmitter asetilkolin yang penting untuk proses belajar dan mengingat. Dalam telur juga terdapat banyak Vitamin B dan zat Besi yang berfungsi untuk mendukung sistem Syaraf dan fungsi Kognitif otak manusia. 

   Yang kedua adalah Rumput Laut, memiliki kandungan mineral yaitu zat Yodium cukup tinggi, seperti halnya Magnesium, Yodium berperan penting dalam kesehatan sistem syaraf dan otak.  

    Yang ketiga adalah Ikan Salmon, ikan berminyak seperti Salmon, tinggi akan asam lemak Omega-3 yang disebut DHA. Zat DHA ini sendiri sering ditemukan dalam kadar tinggi pada materi Abu-abu (Grey matter) otak. Peneliti dari Swiss menyebutkan bahwa konsumsi cukup zat DHA dapat membantu proses belajar dan mengingat. Selain itu dalam ikan Salmon juga mengandung vitamin B termasuk B12, dimana vitamin-vitamin tersebut sangat penting untuk kesehatan syaraf dan sel-sel otak. Ikan Salmon juga memiliki kandungan Protein tingkat tinggi yang merupakan bahan baku Neurotransmitter dan bahan kimia otak lainnya.

                                                                                                        

HomeInfo DinkesInfo KesehatanTips KesehatanSumber Asupan Gizi untuk Daya Ingat Top of Page