• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

BAHAYA ASAP ROKOK BAGI KESEHATAN

Mar 09Read 658 times
BAHAYA ASAP ROKOK BAGI KESEHATAN

 

Bahaya asap rokok bagi Kesehatan Antara lain : 

 

1.  Asap rokok juga berbahaya bagi bayi dalam kandungan ibu yang merokok atau ibu hamil yang berada dalam ruangan yang terdapat asap rokok orang lain.

 

2.  Dampak langsung setelah terpapar asap rokok orang lain adalah Batuk, Bersin, Sesak napas, Pusing. Efek jangka panjang akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

 

3.  Dampak kesehatan asap rokok orang lain terhadap orang Dewasa antara lain menyebabkan penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Kanker paru dan Payudara, dan berbagai penyakit Saluran Pernafasan. Asap rokok orang lain akan meningkatkan risiko Kanker paru sebesar 20 - 30 %. Asap rokok orang lain akan meningkatkan risiko serangan Jantung sebesar 25 - 30 %. Perempuan yang tinggal bersama orang yang merokok mempunyai risiko tinggi terkena kanker Payudara. Asap rokok orang lain memicu serangan Asthma. Ibu Hamil yang merokok selama kehamilan akan mempengaruhi pertumbuhan bayi yang menyebabkan BBLR, kelahiran Prematur dan Kematian.

 

4.  Bayi dan anak - anak para perokok yang terpapar asap rokok orang lain dapat menyebabkan Kematian Mendadak ( Sudden Infant Death Syndrome ), infeksi saluran pernafasan bawah( ISPA ), Asthma, Bronchitis, dan infeksi Telinga bagian tengah yang dapat berlanjut hilangnya pendengaran. Mereka juga akan menderita terhambatnya pertumbuhan fungsi Paru, yang akan menyebabkan berbagai penyakit paru ketika dewasa. Anak perokok mempunyai risiko lebih besar untuk mengalami kesulitan belajar, masalah perilaku seperti Hiperaktif dan penurunan konsentrasi belajar dibanding dengan yang orang tuanya tidak merokok.

 

5.  Selain dampak Kesehatan asap rokok orang lain juga akan berdampak terhadap ekonomi Individu, keluarga dan masyarakat akibat hilangnya pendapatan karena sakit dan tidak dapat bekerja, pengeluaran biaya obat dan biaya perawatan. 

 

 Sumber Data : PEDOMAN TEKNIS Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok ( Kemenkes RI )

 

HomeInfo DinkesInfo KesehatanTips KesehatanBAHAYA ASAP ROKOK BAGI KESEHATAN Top of Page