• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

Tips Kesehatan

Kapan Anak-anak harus Mengetahui Bahaya Merokok..?

                                                                                                                

                                                                                                                 

   Diperkirakan hampir 87 persen Perokok mulai mengenal kebiasaan buruk merokoknya sejak usia dini. Mestinya bahaya merokok ini sudah diperkenalkan kepada mereka sejak usia dini.

   Dalam sebatang rokok terdapat beberapa jenis racun kimia yang berbahaya bagi kesehatan, yang paling umum adalah racun 'Nikotin'. Dalam rokok juga mengandung racun 'Arsenik', Racun yang biasa terdapat dalam racun Tikus dan 'Amonia' Racun yang digunakan sebagai campuran zat Pembersih rumah.

   Racun-racun rokok bertanggung jawab pada sebagian besar penyakit kasus Kanker Paru, dimana Kanker Paru adalah Salah satu penyakit yang paling mematikan yang bisa menyerang orang dewasa maupun anak-anak dan dari Data yang ada, Pasien yang menderita penyakit ini memiliki tingkat kesembuhan yang paling rendah dibanding dengan tingkat kesembuhan penyakit lainnya, Komplikasinya juga bisa menyebabkan Stroke dan Serangan Jantung. Salah satu riset tentang dampak asap rokok yang pernah dilakukan di Eropa meneliti tentang resiko kesehatan yang dialami oleh anak – anak dengan orang tua Perokok. Riset tersebut mengemukakan fakta bahwa anak – anak dengan orang tua yang merupakan perokok aktif memiliki resiko lebih besar terkena kanker paru – paru dibandingkan dengan anak – anak dengan orang tua yang bukan merupakan perokok aktif. Contoh kasusnya adalah ; di salah satu kota di Indonesia pernah ada seorang anak yang baru berumur 1(satu) tahun yang menjadi korban, anak itu meninggal dunia akibat dampak asap rokok ayah dari si anak tersebut. Anak itu di beritakan terkena penyakit Radang Paru-paru Akut (Pneumonia). Penyebab utama adalah karena si anak tersebut sering menghisap asap rokok yang dikeluarkan ayahnya yang merupakan perokok aktif. Diberitakan pula ayah si anak selalu merokok diluar rumah, ternyata hal itu tidak menjamin akan menjauhkan anak dari dampak negatif asap rokok karena, sa'at si ayah dekat dengan anaknya dia tidak merokok, tapi Residu atau bekas asap rokok masih menempel di pakaian si ayah dan akhirnya terhirup oleh anaknya.      

   Beberapa Bahaya merokok bagi kesehatan yang dapat mematikan si penderita terutama anak-anak sebaiknya menjadi bahan pertimbangan yang cukup bagi para Perokok untuk mengambil keputusan, untuk segera Berhenti merokok dan kembali ke pola hidup Sehat dan menciptakan keluarga Bahagia..

 

                                                                                                     

Sumber Asupan Gizi untuk Daya Ingat

 

                                                                                

 

    Ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi sumber Gizi utama dengan tema hari ini tapi yang kita bahas disini adalah jenis Asupan atau makanan yang paling mudah didapat di supermarket atau juga di minimarket maupun warung-warung yang dekat dengan lingkungan tempat tinggal kita, yang Pertama adalah Telur, murah meriah, bergizi tinggi serta mudah diolah. Dalam kuning telur terdapat zat yang bernama Kolin, sebuah zat yang dibutuhkan untuk membungkus Myelin yang biasa terdapat disekitar serabut syaraf termasuk di otak. Zat Kolin juga dapat digunakan untuk membuat Neurotransmitter asetilkolin yang penting untuk proses belajar dan mengingat. Dalam telur juga terdapat banyak Vitamin B dan zat Besi yang berfungsi untuk mendukung sistem Syaraf dan fungsi Kognitif otak manusia. 

   Yang kedua adalah Rumput Laut, memiliki kandungan mineral yaitu zat Yodium cukup tinggi, seperti halnya Magnesium, Yodium berperan penting dalam kesehatan sistem syaraf dan otak.  

    Yang ketiga adalah Ikan Salmon, ikan berminyak seperti Salmon, tinggi akan asam lemak Omega-3 yang disebut DHA. Zat DHA ini sendiri sering ditemukan dalam kadar tinggi pada materi Abu-abu (Grey matter) otak. Peneliti dari Swiss menyebutkan bahwa konsumsi cukup zat DHA dapat membantu proses belajar dan mengingat. Selain itu dalam ikan Salmon juga mengandung vitamin B termasuk B12, dimana vitamin-vitamin tersebut sangat penting untuk kesehatan syaraf dan sel-sel otak. Ikan Salmon juga memiliki kandungan Protein tingkat tinggi yang merupakan bahan baku Neurotransmitter dan bahan kimia otak lainnya.

                                                                                                        

BAHAYA ASAP ROKOK BAGI KESEHATAN

 

Bahaya asap rokok bagi Kesehatan Antara lain : 

 

1.  Asap rokok juga berbahaya bagi bayi dalam kandungan ibu yang merokok atau ibu hamil yang berada dalam ruangan yang terdapat asap rokok orang lain.

 

2.  Dampak langsung setelah terpapar asap rokok orang lain adalah Batuk, Bersin, Sesak napas, Pusing. Efek jangka panjang akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

 

3.  Dampak kesehatan asap rokok orang lain terhadap orang Dewasa antara lain menyebabkan penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Kanker paru dan Payudara, dan berbagai penyakit Saluran Pernafasan. Asap rokok orang lain akan meningkatkan risiko Kanker paru sebesar 20 - 30 %. Asap rokok orang lain akan meningkatkan risiko serangan Jantung sebesar 25 - 30 %. Perempuan yang tinggal bersama orang yang merokok mempunyai risiko tinggi terkena kanker Payudara. Asap rokok orang lain memicu serangan Asthma. Ibu Hamil yang merokok selama kehamilan akan mempengaruhi pertumbuhan bayi yang menyebabkan BBLR, kelahiran Prematur dan Kematian.

 

4.  Bayi dan anak - anak para perokok yang terpapar asap rokok orang lain dapat menyebabkan Kematian Mendadak ( Sudden Infant Death Syndrome ), infeksi saluran pernafasan bawah( ISPA ), Asthma, Bronchitis, dan infeksi Telinga bagian tengah yang dapat berlanjut hilangnya pendengaran. Mereka juga akan menderita terhambatnya pertumbuhan fungsi Paru, yang akan menyebabkan berbagai penyakit paru ketika dewasa. Anak perokok mempunyai risiko lebih besar untuk mengalami kesulitan belajar, masalah perilaku seperti Hiperaktif dan penurunan konsentrasi belajar dibanding dengan yang orang tuanya tidak merokok.

 

5.  Selain dampak Kesehatan asap rokok orang lain juga akan berdampak terhadap ekonomi Individu, keluarga dan masyarakat akibat hilangnya pendapatan karena sakit dan tidak dapat bekerja, pengeluaran biaya obat dan biaya perawatan. 

 

 Sumber Data : PEDOMAN TEKNIS Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok ( Kemenkes RI )

 

BAHAYA ASAP ROKOK

BAHAYA ASAP ROKOK

Mar 09Written by

 

Asap rokok tidak hanya membahayakan si Perokok, tapi juga akan membahayakan orang lain disekitar Perokok ( Perokok Pasif )

Hal - hal Negatif akibat asap rokok itu antara lain :

1. Asap rokok orang lain terdiri dari asap rokok utama ( Main Stream ) yang dihembuskan dari mulut perokok yang mengandung 25 % kadar bahan berbahaya, dan asap rokok sampingan dari ujung rokok yang dibakar ( Side Stream ) yang mengandung 75 % kadar bahan berbahaya.

2. Asap rokok mengandung lebih dari 4000 jenis senyawa kimia. Sekitar 400 jenis diantaranya merupakan zat berbahaya dan 69 jenis tergolong zat Penyebab Kanker ( Karsinogenik ).

3. Asap rokok orang lain merupakan zat sangat kompleks berisi campuran gas, partikel halus yang  dikeluarkan dari pembakaran rokok. 

4. Orang yang tidak merokok dan menghirup asap rokok yang dihisap orang lain mempunyai risiko yang sama dengan yang merokok. Studi Pemajanan asap rokok orang lain di kantor Pemerintah Daerah Jakarta menunjukkan, pada kantor yang tidak menerapkan KTR ditemukan rata-rata kadar zat Karsinogen Benzo ( a ) Pyrene yang dihisap karyawan telah berada pada tingkat bahaya sedang sampai dengan tinggi.

5. Tidak ada batas aman untuk pemaparan asap rokok orang lain.

 

 

 Sumber Data : PEDOMAN TEKNIS Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok ( Kemenkes RI )

PASAR SEHAT

PASAR SEHAT

Okt 28Written by

 

 

 

    Pasar merupakan salah satu tempat umum dimana orang beraktivitas setiap harinya dan sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan, terutama pasar tradisional bagi golongan masyarakat menengah kebawah. Pasar tradisional biasanya mempunyai image negatif di masyarakat seperti  kumuh, tempat kotor, berbau tidak sedap, dan becek. Akan tetapi ada masyarakat yang suka berbelanja di pasar tradisional karena harga yang lebih murah dan dapat ditawar dibanding dengan pasar modern. Selain itu pasar juga dapat menjadi tempat perkembangbiakan binatang penular penyakit, seperti kecoa, lalat, tikus dan nyamuk, sehingga memungkinkan terjadi penularan penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung melalui perantara vektor. 

    Pemerintah telah berusaha untuk mewujudkan agar pasar tradisional menjadi pasar sehat dengan dikeluarkannya aturan terkait pasar sehat, diantaranya Peraturan Presiden Nomor 112 tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern ; serta Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 519/MENKES/SK/VI/2008 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pasar Sehat.

    Pasar Sehat juga merupakan salah satu tatanan didalam pengembangan program Kabupaten/Kota Sehat seperti yang sudah tertuang dalam peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No.34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten / Kota Sehat. 

    Di dalam KepMenKes No. 519/2008 pengertian Pasar Sehat adalah kondisi pasar yang bersih, aman, nyaman, dan sehat yang terwujud melalui kerjasama seluruh stake dalam menyediakan bahan pangan yang aman dan bergizi bagi masyarakat.

    Adapun tujuan penyelenggaraan Pasar Sehat adalah terwujudnya pasar yang bersih, aman, nyaman, dan sehat melalui kemandirian komunitas pasar. Komunitas pasar yang dimaksud diantaranya pengelola pasar, pemasok, pedagang dan konsumen. 

    Dengan adanya pasar sehat berbagai pihak dapat diuntungkan diantaranya produsen primer (petani dan nelayan), pedagang, pemerintah daerah, manajer pasar, masyarakat sekitar, masyarakat umum dan konsumen. 

    Terdapat 6 aspek persyaratan kesehatan lingkungan pasar sesuai KepMenKes No. 519/2008, yaitu :

1.Lokasi

2.Bangunan

3.Sanitasi

4.Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

5.Keamanan

6.Fasilitas Lain

                                                                                                                                                       

                                                                                                                                                             Ttd,

 

                                                                                                                                                    KRISMIYATI

                                                                                                                                   SANITARIAN PUSKESMAS SERPONG 1

                                                                                                                                                    ( Kesling )

 

 

BERSIH MENGUBAH PERILAKU

BERSIH MENGUBAH PERILAKU

Okt 02Written by

 

 

BANK SAMPAH SERUA - CIPUTAT KOTA TANGERANG SELATAN 

    Dalam rangka penerapan UU No.18 Tahun 2008 banyak cara yang telah dilakukan di Tangerang Selatan khususnya oleh para stakeholder, salah satunya Seperti yang dilakukan di RW 22 Taman Fasco & SMA Negeri 9 Serua Ciputat, sampah yang ada dikelola dengan baik di Bank Sampah. Seperti halnya sebuah bank, setiap nasabah yang menabungkan sampahnya mendapatkan buku tabungan yang tertera berapa kilogram sampah yang di tabung & nominal rupiah yang dihasilkan dari menabung sampah tersebut.

  “Biasanya kompos hasil pengelolaan di Bank Sampah tersebut digunakan warga untuk menyuburkan tanaman-tanaman, sisanya masih banyak bisa dijual ke mahasiswa atau distributor kompos,” jelas bu Rahmah, Ibu RW yang juga Kader Posyandu Kartini XXII. 

  Seperti yang dipaparkan salah seorang guru SMA Negeri 9 yang aktif membina siswa-siswinya dalam mengelola Bank Sampah Sekolah, “dengan adanya Bank Sampah, siswa dan guru menjadi tertib membuang sampah pada tempatnya, lingkungan menjadi bersih dan senang karena penghasilan yang didapatkan walau dalam waktu agak lama cukup lumayan banyak juga”.

  Dengan adanya Bank Sampah ini membiasakan warga untuk mengubah perilaku untuk hidup lebih bersih dan sehat.

 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sindy Rahmatika

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         Sanitarian Pkm Situ Gintung

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Kesling   

 

 

 

Halaman 1 dari 2
HomeInfo DinkesInfo KesehatanTips Kesehatan Top of Page