• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

Pelatihan Peningkatan Skills Staf Gizi Puskesmas

Nov 24Read 264 times
Pelatihan Peningkatan Skills Staf Gizi Puskesmas

 

 

                                                                         

          Gizi merupakan salah satu faktor penting bagi tubuh manusia, karena secara langsung berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Maka itu, perlu pelayanan gizi yang berkualitas pada masyarakat dan perorangan.

        Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang gizi, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan menggelar kegiatan bertajuk "Peningkatan Pengetahuan Petugas tentang Program NutriClin" di Aula Farmasi Kota Tangsel, Serpong pada Selasa, 22 Nopember 2016. Hadir sebagai pembicara Ir. Eman Sumarna dari DPP Persatuan Gizi Indonesia (Persagi).

       Kepala Seksi Gizi pada Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Ida Budi Kurniasih mengatakan kegiatan itu dihadiri 26 ahli gizi dari 26 Puskesmas di Kota Tangsel. Menurutnya, seluruh Puskesmas yang beroperasi di Kota Cerdas, Modern dan Religius itu sudah memiliki klinik gizi.

        Nutriclin merupakan salah satu software yang digunakan petugas gizi dalam mengolah dan menganalisa data sebagai dasar untuk mengkonseling gizi pasien. Hari ke-2 acara Peningkatan Pengetahuan Petugas Gizi puskesmas tentang program Nutriclin diisi dengan praktek langsung dengan para responden. Para peserta yang hadir, ada yang berpraktek sebagai konselor dengan melakukan konseling gizi ke pasien, menanyakan food recall pasien tersebut dan keluhan dari diet pasien. Yang lainnya ada yang bertugas sebagai pengawas dan pencatat untuk memasukkan ke dalam software. Setelah praktek, langsung dilanjutkan dengan presentasi masing-masing kelompok yang dimotori dan dikoreksi langsung oleh narasumber. 

       Aplikasi NutriClin ini dibuat untuk meningkatkan profesionalisme petugas gizi di era modern seperti sekarang ini, sehingga diharapkan para petugas nantinya mampu melakukan konseling dengan efektif, efisien dan terstandar nasional kepada masyarakat.

 

                                                                                            

 

HomeInfo DinkesInfo KesehatanInfo GiziPelatihan Peningkatan Skills Staf Gizi Puskesmas Top of Page