• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

Penanganan Gizi Buruk pada Anak

Sep 19Read 271 times
Penanganan Gizi Buruk pada Anak

 

 

                   

 

    Status gizi anak sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang nya. Pada anak yang memiliki status gizi buruk biasanya akan terganggu nya pertumbuhan tubuh secara fisik contohnya anak akan beresiko tumbuh kecil (kerdil). Kemudian dalam perkembangan mental anak beresiko mengalami gangguan kontrol emosi dan perasaan. Disekolah anak tersebut akan sulit mengikuti pelajaran dan sulit untuk berkonsentrasi

Tanda-tanda dan Gejala Gizi buruk pada anak.

  Gejala yang ditimbulkan pada penderita malnutrisi tergantung pada berat dan ringan nya status gizi buruk yang dialami anak tersebut. dan juga tergantung pada jenis nutrisi yang mengalami defisiensi. Walaupun demikian beberapa gejala umum dari gizi buruk yaitu :

 

1. Kulit yang kering dan bersisik

2. Gusi bengkak dan berdarah

3. Berat badan anak kurang.

4. Mudah lelah karena kurang kalori

5. Anak jadi sulit berkonsentrasi

6. Anak kurang aktif.

 

  Untuk menangani kasus malnutrisi (Gizi Buruk) yang terjadi pada anak dibutuhkan perhatian khusus dari keluarga dan harus adanya kerjasama yang terpadu dan konfrehensif antara orang tua dan petugas kesehatan. Pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan dokter dalam mendiagnosa Gizi buruk pada anak mencakup:

  Pemeriksaan berat badan dan tinggi badan anak untuk menentukan Body Massa Index, pemeriksaan darah dan pemeriksaan X-ray untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan-kelainan pada organ tubuh dan kondisi penyakit tertentu yang mungkin berpengaruh terhadap asupan nutrisi pada anak.

  Kemudian setelah itu dianjurkan untuk konsultasi pada ahli gizi tentang pengaturan pada pola makan, termasuk pada jenis serta jumlah makanan tertentu untuk mencukupi kebutuhan gizi anak. Kemungkinan juga akan diberikan vitamin dan berbagai suplemen tertentu.

  Namun Apabila dari pemeriksaan dokter diketahui penyebab gizi buruk pada anak karena penyakit dan kondisi medis tertentu maka dibutuhkan terapi lanjutan lainnya. 

 

HomeInfo DinkesInfo KesehatanInfo GiziPenanganan Gizi Buruk pada Anak Top of Page