• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

Informasi Gizi

Pelatihan Peningkatan Skills Staf Gizi Puskesmas

 

 

                                                                         

          Gizi merupakan salah satu faktor penting bagi tubuh manusia, karena secara langsung berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Maka itu, perlu pelayanan gizi yang berkualitas pada masyarakat dan perorangan.

        Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya dalam bidang gizi, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan menggelar kegiatan bertajuk "Peningkatan Pengetahuan Petugas tentang Program NutriClin" di Aula Farmasi Kota Tangsel, Serpong pada Selasa, 22 Nopember 2016. Hadir sebagai pembicara Ir. Eman Sumarna dari DPP Persatuan Gizi Indonesia (Persagi).

       Kepala Seksi Gizi pada Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Ida Budi Kurniasih mengatakan kegiatan itu dihadiri 26 ahli gizi dari 26 Puskesmas di Kota Tangsel. Menurutnya, seluruh Puskesmas yang beroperasi di Kota Cerdas, Modern dan Religius itu sudah memiliki klinik gizi.

        Nutriclin merupakan salah satu software yang digunakan petugas gizi dalam mengolah dan menganalisa data sebagai dasar untuk mengkonseling gizi pasien. Hari ke-2 acara Peningkatan Pengetahuan Petugas Gizi puskesmas tentang program Nutriclin diisi dengan praktek langsung dengan para responden. Para peserta yang hadir, ada yang berpraktek sebagai konselor dengan melakukan konseling gizi ke pasien, menanyakan food recall pasien tersebut dan keluhan dari diet pasien. Yang lainnya ada yang bertugas sebagai pengawas dan pencatat untuk memasukkan ke dalam software. Setelah praktek, langsung dilanjutkan dengan presentasi masing-masing kelompok yang dimotori dan dikoreksi langsung oleh narasumber. 

       Aplikasi NutriClin ini dibuat untuk meningkatkan profesionalisme petugas gizi di era modern seperti sekarang ini, sehingga diharapkan para petugas nantinya mampu melakukan konseling dengan efektif, efisien dan terstandar nasional kepada masyarakat.

 

                                                                                            

 

Sosialisasi Peraturan Walikota tentang Air Susu Ibu (ASI)

 

 

                   

 

      Kota Tangerang Selatan kini telah memiliki Peraturan Walikota (Perwal) Tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif Nomor 19 tahun 2015, yang telah ditetapkan pada tanggal 5 Juni 2015. Di Awal tahun 2016 yang lalu tepatnya pada bulan Maret 2016 diadakan Kegiatan sosialisasi Peraturan Walikota tersebut oleh Seksi Gizi, Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan. Sosialisasi ini ditujukan kepada masyarakat luas pada umumnya dan kepada para pemangku kebijakan baik di Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Ibu Anak, Rumah Bersalin, Kepala Puskesmas, Organisasi Profesi, Seluruh Camat dan Lurah pada khususnya. 

Peraturan Walikota ini merupakan turunan dari peraturan pemerintah Nomor 33 tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif. Peraturan yang terdiri dari 11 BAB dan 33 Pasal, tidak terlepas dari ikatan peraturan pemerintah sebelumnya. Menurut WHO, Pemberian ASI merupakan standar emas dalam pemberian makanan bayi. Standart emas makanan bayi terdiri dari: IMD (Inisiasi Menyusu Dini) segera setelah bayi lahir hingga minimal 1 jam, 0-6 bulan bayi diberikan ASI saja (ASI ekslusif), mulai 6 bulan bayi mendapat MPASI, dan ASI diteruskan pemberiannya bersamaan dengan MPASI sampai anak usia 2 tahun. IMD merupakan langkah untuk keberhasilan dalam menyusui hingga dua tahun lamanya. Manfaat ASI dan IMD  telah banyak diteliti, dan untuk mendukung keberhasilan menyusui diperlukan kerjasama terutama oleh fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) dan tenaga kesehatan (Nakes) itu sendiri. Dengan hanya menerapkan 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui 10 (LMKM) menurut WHO dan Peraturan Pemerintah maka diharapkan lebih banyak fasyankes yang benar-benar pro-ASI.    

    Anjuran Penggunaan ASI bukanlah hal yang baru, dalam tiap agama menganjurkan pemberian ASI sejak dahulu. Maraknya penggunaan susu formula bayi kini terbukti membawa dampak buruk bagi kesehatan ibu dan bayi itu sendiri secara langsung maupun tidak langsung bagi keluarga, lingkungan, dan beban devisa negara dan hendaknya hal ini disikapi dengan bijak. Dr.Asti Praborini sp.A, IBCLC, narasumber pakar ASI telah menjelaskan dengan sangat detil dan jelas dalam kegiatan tersebut. 

 

Pesan Gizi Seimbang

Pesan Gizi Seimbang

Sep 23Written by

 

   

                                                                       

 

    Kualitas atau mutu gizi dan kelengkapan zat gizi dipengaruhi oleh keragaman jenis pangan yang dikonsumsi. Semakin beragam jenis pangan yang dikonsumsi semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi. Bahkan semakin beragam pangan yang dikonsumsi semakin mudah tubuh memperoleh berbagai zat lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu konsumsi anekaragam pangan merupakan salah satu anjuran penting mewujudkan Gizi Seimbang.

   Cara menerapkan pesan ini adalah dengan mengonsumsi 5 (Lima) kelompok pangan setiap hari atau setiap kali makan. Ke-5 (Lima) kelompok pangan tersebut adalah Makanan pokok, Lauk Pauk, Sayuran, Buah-buahan dan Minuman. Mengonsumsi lebih dari satu jenis untuk setiap kelompok makanan ( Makanan pokok, Lauk pauk, Sayuran, dan Buah-buahan) setiap kali makan akan lebih baik. 

 

 

                                                                           

                                                                              

Penanganan Gizi Buruk pada Anak

 

 

                   

 

    Status gizi anak sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang nya. Pada anak yang memiliki status gizi buruk biasanya akan terganggu nya pertumbuhan tubuh secara fisik contohnya anak akan beresiko tumbuh kecil (kerdil). Kemudian dalam perkembangan mental anak beresiko mengalami gangguan kontrol emosi dan perasaan. Disekolah anak tersebut akan sulit mengikuti pelajaran dan sulit untuk berkonsentrasi

Tanda-tanda dan Gejala Gizi buruk pada anak.

  Gejala yang ditimbulkan pada penderita malnutrisi tergantung pada berat dan ringan nya status gizi buruk yang dialami anak tersebut. dan juga tergantung pada jenis nutrisi yang mengalami defisiensi. Walaupun demikian beberapa gejala umum dari gizi buruk yaitu :

 

1. Kulit yang kering dan bersisik

2. Gusi bengkak dan berdarah

3. Berat badan anak kurang.

4. Mudah lelah karena kurang kalori

5. Anak jadi sulit berkonsentrasi

6. Anak kurang aktif.

 

  Untuk menangani kasus malnutrisi (Gizi Buruk) yang terjadi pada anak dibutuhkan perhatian khusus dari keluarga dan harus adanya kerjasama yang terpadu dan konfrehensif antara orang tua dan petugas kesehatan. Pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan dokter dalam mendiagnosa Gizi buruk pada anak mencakup:

  Pemeriksaan berat badan dan tinggi badan anak untuk menentukan Body Massa Index, pemeriksaan darah dan pemeriksaan X-ray untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan-kelainan pada organ tubuh dan kondisi penyakit tertentu yang mungkin berpengaruh terhadap asupan nutrisi pada anak.

  Kemudian setelah itu dianjurkan untuk konsultasi pada ahli gizi tentang pengaturan pada pola makan, termasuk pada jenis serta jumlah makanan tertentu untuk mencukupi kebutuhan gizi anak. Kemungkinan juga akan diberikan vitamin dan berbagai suplemen tertentu.

  Namun Apabila dari pemeriksaan dokter diketahui penyebab gizi buruk pada anak karena penyakit dan kondisi medis tertentu maka dibutuhkan terapi lanjutan lainnya. 

 

MANFAAT MINUM AIR PUTIH HANGAT

 

  • Cepat hilangkan haus

    Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor, mengatakan air dapat terserap lebih cepat jika memiliki suhu yang sama dengan suhu tubuh. Oleh karena itu jika Anda minum air dingin saat haus maka tubuh akan berusaha menyamakan suhunya terlebih dahulu yang membuat penyerapan berjalan lebih lambat.

"Kalau minum air dingin memang perlu waktu untuk menyesuaikan dengan suhu tubuh. Butuh waktu lebih hingga diserap ke darah. Makanya kalau haus itu lebih baik minum air hangat," tutur Prof. Hardinsyah.

  • Bantu detoks

    Meminum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh dan membuat seseorang mudah berkeringat. Saat itulah beragam zat sisa metabolisme akan terbantu ikut keluar.

   Untuk dapat efek yang lebih baik bisa juga air dicampur dengan madu atau lemon. Lemon membantu hati memproduksi enzim yang akan membantu proses pencernaan dan membantu hati mengeluarkan racun.

  • Ringankan sakit tenggorokan

    Iritasi pada tenggorokan karena batuk atau tonsil dapat benar-benar menyakitkan. Salah satu manfaat kesehatan dari minum air hangat adalah ia mampu mengurangi nyeri tenggorokan, batuk dan membantu dahak keluar dengan mudah.

  • Kurangi keluhan kram

    Air hangat dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang menegang sehingga baik untuk keluhan keram. Efek ini bisa didapat dengan cara menggunakannya untuk kompres atau bisa juga diminum terutama pada keluhan kram menstruasi.

 

 

Makanan dan Minuman Sehat selama ber-Puasa

 

 

    Puasa adalah salah satu bagian dari Kewajiban untuk menjalaninya bagi yang beragama Islam, supaya tetap sehat dan bugar selama menjalankan Puasa, kami menginformasikan beberapa jenis makanan dan minuman untuk dikonsumsi pada bulan puasa ini.

    Buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama puasa, misalnya buah-buahan seperti Apel, Alpukat, Melon, Semangka, Pisang, Kurma. buah-buahan seperti yang disebutkan sebelumnya tidak hanya kaya serat tapi juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu proses penyerapan nutrisi oleh tubuh agar zat-zat yang hilang selama berpuasa bisa terganti.

    Sama dengan buah, sayuran segar yang juga mengandung banyak serat, vitamin dan mineral merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi selama berpuasa, terutama saat makan sahur contohnya, Bayam, Brokoli, Wortel, Kentang, Kacang panjang. Kandungan nutrisi dalam sayuran pun akan membuat tubuh anda tetap segar sepanjang hari walaupun menjalankan ibadah puasa.

    Makanan sumber protein juga bisa dijumpai dalam berbagai jenis Kacang-kacangan. Fungsi lain dari kacang-kacangan adalah untuk mengatur regulasi gula darah, penyerapan kalsium, dan metabolisme lemak dan karbohidrat.

    Telur banyak mengandung vitamin A dan D, sehingga sangat baik untuk mata dan kesehatan tulang kita. Konsumsilah telur dengan secukupnya untuk memastikan asupan vitamin bagi tubuh Anda tercukupi selama puasa.

    Makanan sehat yang dikonsumsi tidak akan berfungsi dengan baik jika seseorang mengalami Dehidrasi, oleh karena itu meminum Air Putih yang cukup akan mengembalikan cairan yang hilang selama puasa. Sebaiknya ketika Anda akan berbuka sedapat mungkin hindarilah meminum kopi, teh, atau minuman berkarbonasi karena itu tidak baik untuk sistem pencernaan Anda yang sedang kosong selama beberapa jam ketika Anda berpuasa.

    Kandungan bakteri baik dalam Yogurt sangat dibutuhkan oleh usus selama proses pencernaan makanan, oleh karena itu rutin mengkonsumsi yogurt ketika Anda berpuasa dapat menyehatkan sistem kerja usus Anda dan mampu menurunkan tekanan darah.

    Air kelapa muda diketahui mengandung cairan elektrolit yang hampir menyerupai cairan elektrolit di dalam tubuh, oleh karena itu disamping air putih untuk melepas dahaga air kelapa muda juga sangat direkomendasikan untuk diminum selama menjalankan puasa.

                             

                                                                    Demikian yang bisa kami Informasikan, Semoga bisa membantu tetap Fit, Segar dan Sehat   'Selamat Berpuasa

 

NB. Diambil dari berbagai sumber 

 
Halaman 1 dari 2
HomeInfo DinkesInfo KesehatanInfo Gizi Top of Page