• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

Sehatkah Air Minum Isi Ulang yang anda Konsumsi?

Mar 24Read 4850 times
Sehatkah Air Minum Isi Ulang yang anda Konsumsi?

Masyarakat konsumen Air Minum Isi Ulang dari depot isi ulang di Kota Tangerang Selatan harus berhati-hati dan cerdas dalam memilih tempat pengisian air isi ulangnya.

Pasalnya, masih sedikit pengusaha depot air minum isi ulang yang belum melakukan pemeriksaan Laboratorium bakteriologi dan kimia secara rutin sesuai dengan ketentuan dari dinas kesehatan.

total Depot Air Minum isi ulang sampai tahun 2012 mencapai 283 unit, Tetapi yang sudah bersertifikasi laik sehat baru mencapai 52 unit usaha padahal upaya pembinaan dan sosialisasi sudah gencar dilakukan baik terhadap pengusaha maupun ke masyarakat , padahal biaya retribusi pemeriksaan laboratorium untuk kualitas air minum yang bertujuan mengetahui jumlah kuman atau bakteri E-coli yang ada di dalam air, dan pemeriksaan secara kimia baik dari segi fisik air maupun kandungan unsure kimianya, sudah bisa dikatakan murah untuk ukuran Kota dibanding dengan laboratorium di wilayah sekitarnya sehingga terjangkau bagi pengusaha berskala kecil. biayanya tidak mahal yakni Rp 108.000 untuk pemeriksaan kimia dan Bakteriologik. Murahnya biaya pemeriksaan laboratorium ini dikarenakan Kota Tangerang Selatan telah memiliki Laboratorium sendiri sehingga tidak harus pergi Jakarta atau wilayah Tangerang.

Adapun fungsi dari sertifikat laik sehat dan hasil uji laboratorium adalah sebagai suatu kontrol kualitas usaha air minum isi ulang dari segi kesehatan  bagi masyarakat dan juga tanggung jawab pengusaha terhadap  konsumennya untuk mencegah hal- hal yang tidak diinginkan yang berkaitan dengan penyakit yang ditimbulkan oleh air (water borne disease), yang dinyatakan dengan sebuah sertifikasi yang dinamakan dengan Sertifikat Laik Hygiene sanitasi Depot air minum.

Untuk memperoleh sertifikat Laik Hygiene sanitasi Depot air minum. maka pengusaha harus mengajukan Permohonan Kepada kepala dinas kesehatan kota melalui pengisian form yang disediakan oleh dinas kesehatan. Adapun syarat yang harus dipenuhi sebagai lampiran permohonan adalah :

a. FC KTP pemohon yang berlaku ( 1 Lembar )

b. FC Surat keterangan Domisili usaha Depot Air Minum

c. Pas Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar

d. Hasil Uji Labotarorium untuk Kualitas Air Minum dengan Parameter Fisik, Kimia dan Bakteriologik

 

(Seksi Penyehatan Lingkungan dan Makanan Minuman Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, 2012)

 

HomeInfo DinkesInfo KesehatanInfo KesLingSehatkah Air Minum Isi Ulang yang anda Konsumsi? Top of Page