• Facebook
  • Twitter
  • Rss
  • Plus
dinkes.tangerangselatankota.go.id

Kegiatan Satu Rumah Satu Jumantik Puskesmas Benda Baru

Sep 19Read 342 times
Kegiatan Satu Rumah Satu Jumantik Puskesmas Benda Baru

 

                                                  

 

Sabtu, 17 September 2016

  GEMA, GEMA, SUKSESKAN GEMA! Gerakan masyarakat di singkat GEMA yang tertuang ke dalam salah satu kegiatan massal yang sedang berlangsung  di wilayah kerja Puskesmas Benda Baru. Khususnya di Kelurahan Benda Baru. Gerakan masyarakat kali ini yang sedang di galangkan yaitu 1 rumah 1 jumantik. Dimana program tersebut merupakan program Nasional yang mengupayakan kesadaran masyarakat dalam menumbuhkan budaya masyarakat untuk pemberantasan sarang nyamuk. 

  Kegiatan 1 rumah 1 jumantik sudah berlangsung dari bulan Juni 2016 di wilayah Kelurahan  Benda Baru yang bermula dari RW 24 Kel Benda Baru dan ditularkan kepada wilayah RW lainnya di wilayah Kelurahan Benda Baru bahkan Ke kelurahan Bambu Apus dan Kedaung.

  Sabtu pagi tanggal 17 september 2016, Kepala Puskesmas Benda Baru (Hj Yayah Samsiah, S.ST, MA) beserta staf Puskesmas Benda Baru (Irvan Firdaus), (David Sulistio) melakukan kunjungan kegiatan ke beberapa wilayah RW yang pada saat itu  melakukan kegiatan 1 rumah 1 jumantik.  Kunjungan pertama, ibu Yayah ditemani koordinator jumantik dan kader jumantik setempat berkunjung ke wilayah RT 01 RW 03 Kelurahan Benda Baru, kemudian menyerahkan simbolis kepada Bapak RW 03 , Perwakilan DKM Mesjid dan perwakilan LSM setempat.

  Kunjungan di lanjutkan ke wilayah RW 019, Ibu Yayah ditemani langsung oleh Bapak RW 019 (Bapak Dr. Dede Hasnudin,M.Hum) beserta koordinator dan kader jumantik di wilayah RW 019. Kunjungan kali ini tertuju ke RT 06 RW 019, Pada sampel rumah yang dikunjungi ditemukan jentik di penampungan tetesan air dispenser. Dengan ditemukannya jentik, para koordinator semakin semangat untuk memotivasi masyarakatnya supaya jangan ditemukan lagi jentik di lingkungan rumah mereka.

  Harapan Kepala Puskesmas Benda Baru selalu terus tercurah dengan kegiatan 1 rumah 1 jumantik di Lingkungan wilayah kerja Puskesmas Benda Baru,  jumantikers Supervisor dan koordinator bisa saling bahu membahu, bekerja bersama - sama dan semoga kegiatan ini benar – benar menjadi kebutuhan masyarakat. Posisi Puskesmas  dalam kegiatan ini hanya sebatas memfasilitasi / fasilitator, justru masyarakatlah yang bisa memberi nyawa untuk kehidupan program 1 rumah 1 jumantik. Tanpa peran serta masyarakat program ini tidak akan berlangsung.

  Puskesmas Benda Baru berencana akan memberikan penghargaan bagi wilayah RW di lingkungan wilayah kerja Puskesmas Benda Baru yang memiliki nilai (Angka Bebas Jentik) ABJ >95% berturut turut selama 3 bulan. Semoga dengan rencana pemberian penghargaan nantinya dapat menjadi pemicu tambahan sehingga masyarakat tetap semangat melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) di lingkungan rumahnya. Salam 1 rumah 1 jumantik untuk Tangerang Selatan bebas Jentik DBD.

 

HomeBeritaBerita KegiatanKegiatan Satu Rumah Satu Jumantik Puskesmas Benda Baru Top of Page